Dukung Percepatan Elektonifikasi Transaksi di Maluku, Giliran Bursel Teken SK Pembentukan TP2DD

oleh
Foto : Humas KPw BI Provinsi Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-KPw Bank Indonesia Provinsi Maluku fasilitasi penandatanganan SK Bupati Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Buru Selatan, Selasa (4/1/2022) di Ambon.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh stakeholders lainnya, yaitu OJK Maluku, DJPb Maluku, dan BPD Maluku Malut.

TP2DD hadir sebagai salah satu upaya dalam mengakselerasi program strategis pemerintah terkait Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam upaya mendukung perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia, termasuk implementasi digitalisasi pembayaran.

Kegiatan ini sekaligus menandakan bahwa seluruh Pemda baik Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Maluku sudah memiliki TP2DD masing-masing.

Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang dan Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulissa. Foto : Humas KPw BI Provinsi Maluku

Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Noviarsono Manullang mengutarakan pembentukan TP2DD dilandasi dengan Keputusan Presiden No. 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dan diperkuat dengan Permendagri No. 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Serta Tata Cara Implementasi ETPD.

“Dengan implementasi ETPD diharapkan dapat mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, transparansi penggunaan anggaran dan meningkatkan potensi penerimaan Pemda melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk, dan saluran distribusi,”sebutnya.

Sejumlah bukti nyata manfaat ETPD sudah dirasakan oleh berbagai Pemda yang sudah mengimplementasikannya, seperti peningkatan realisasi PAD, kemudahan dalam tata kelola pemerintahan, serta faktor penarik untuk pengembangan investasi di daerah.

“Implementasi dari ETPD juga dapat menggandeng fintech maupun e-commerce sehingga dapat memfasilitasi pembayaran komponen PAD, seperti pajak, retribusi daerah, dan lain-lain,”sambungnya.

Ke depan, diharapkan Pemda dapat saling berkoordinasi menyusun atau mempertajam peta jalan (roadmap) dan rencana aksi (action plan) ETPD sehingga arah pengembangan ETPD dapat berjalan dengan lancar. (Humas)

BACA JUGA :  Mensos Jadi Tersangka Korupsi, Bansos Ambon Dipastikan Aman

No More Posts Available.

No more pages to load.