Anggota DPR RI Mercy Barends Optimis Maluku Bisa Jadi Produsen Tepung Ikan

oleh

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Barends sebut Maluku berpeluang jadi penghasil tepung ikan bahan baku pakan ternak.

Hal itu dia ungkapkan saat membuka pelatihan kepada UMKM terkait pengolahan hasil perikanan di Ambon, Kamis, (25/1/2024).

Menurutnya saat ini salah satu kebutuhan pasar di sektor perikanan yakni tepung ikan. Tepung ikan ini sebagai bahan baku atau dasar dalam pembuatan pakan ternak.

Sayangnya Maluku belum masuk dalam daftar produsen penghasil. Padahal 35 persen hasil perikanan datangnya dari laut Maluku.

“Kami lihat peluang besar. Kami mau buat terobosan pengolahan tepung ikan jadi pakan ternak. Di daerah lain Manado Makassar mereka itu penghasil tepung ikan lho, masa Maluku kalah,” katanya dihadapan 200 peserta pelatihan pelatihan pengolahan hasil perikanan berbasis fish jelly yang digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Maluku di Santika Premier Hotel, Kamis siang (25/1/2024).

Memang sudah ada beberapa pengusaha kecil yang membuat tepung ikan. Namun jumlahnya terbatas dan tidak cukup untuk permintaan pasar yang bisa sampai ribuan kilogram.

Sementara pakan ternak menjadi kebutuhan pokok dan dasar yang dibutuhkan setiap hari bagi pengusaha ternak.

“Bayangkan ternak satu Indonesia ini butuh pakan ternak. Nah bayangkan berapa banyak kebutuhan produsen pakan ternak terhadap tepung ikan. Bahan bakunya juga bukan daging ikan saja, tapi insang, isi perut ikan atau daging yang sudah lembek juga termasuk itu,” terangnya.

Untuk itu dia meminta kepada para peserta pelatihan untuk jelih dan antusias dalam menjemput bola. Peluang ini bisa menjadi pasar besar pengolahan hasil perikanan dari Maluku.

“Mulai sekarang coba, pengusaha mulai buka chanel dengan pabrik pakan ternak kenalkan kami dari Maluku dan ini produk kami,” tegasnya.

BACA JUGA :  Kejaksaan dan BPJS Kesehatan Gelar Evaluasi Kepatuhan JKN-KIS di Maluku

Penulis : Editor

No More Posts Available.

No more pages to load.