Ekspor Dari Maluku Lesu Gubernur Lantik Tim Baru

Ekspor Dari Maluku Lesu Gubernur Lantik Tim Baru

SHARE
Tim ekspor yang baru diharapkan mampu membangkitkan lagi ekspor asal Maluku yang berjalan lambat beberapa tahun belakangan. FOTO: IAN

TERASMALUKU.COM,AMBON-Gebernur Maluku Said Assagaff melantik tim peningkatan ekspor Maluku yang digelar di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (8/11/2018). Pelantikan tim ekspor ini untuk dapat membangkitkan kembali ekspor yang selama ini lesu.

Gubernur mengatakan, Tim ekspor yang baru ini merupakan orang-orang yang profesional, berkompenten di bidang tersebut serta punya integritas baik. Mereka ini yang nantinya menghidupkan kembali ekspor komoditas asal Maluku.

“Tim peningkatan ekspor yang sudah dilantik baik dari kalangan pejabat maupun instansi terkait, harus berdiskusi bertukar pikiran dan berbagi pengalaman sekaligus membagi jaringan strategis guna percepatan peningkatan ekspor produk-produk Maluku di level regional, nasional dan internasional,” kata Assagaff.

Menurutnya, merosotnya kinerja ekspor Maluku selama beberapa tahun terakhir ini telah berdampak pada penurunan daya saing regional. Sehingga berbagai kebijakan untuk mendorong daya saing sudah terus dilakukan pemerintah.

“Hal yang sama juga telah dilakukan pelaku-pelaku usaha melalui usaha-usaha efisiensi dan peningkatan produktivitas, namun upaya tersebut dipandang belum membawa hasil yang maksimal,” katanya.

Ia mengaku ada beberapa permasalah mendasar yang menjadi faktor kemerosotan maupun daya saing ekspor yang ada di Maluku. Yakni masalah rentang geografis di provinsi kepulauan serta anggaran yang terbatas.

“Sehingga perlunya peningkatan kapasitas masyarakat yang ada pada sentra produksi serta pelaku usaha seperti, sektor perikanan, pertanian, atau serta kerajinan lainnya untuk memiliki pengetahuan,” katanya.

Dia berharap, tim itu mampu menjawab berbagai tantangan dan hambatan ekspor yang selama ini belum tuntas. Tak hany itu mereka dapat memudahkan pelaku usaha ekspor di Maluku. “Peningkatan tim ekspor ini harus bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” ungkapnya. (IAN)

loading...