Empat Desa di Maluku Tenggara Siap Jadi Tujuan Wisata Baru

by

 

TERASMALUKU.COM –Tahun ini ada empat desa di Maluku yang bakal masuk kualifikasi desa pengembangan pariwsiata baru. Pihak OJK Maluku yang turun langsung ke lokasi, memproyeksikan empat desa di Kabupaten Maluku Tenggara itu sebagai destinasi baru nantinya.

Desa atau Ohoi dalam Bahasa Maluku Tenggara itu antara lain, Ohoililir, Ohoi Rewav, Ohoi Rumadian dan Ohoi Dertawun. Empat desa itu nantinya menjadi target pembangunan yang masuk dalam program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Maluku Tenggara.

Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku Bambang Hermanto menyebut pihaknya telah mengunjungi langsung empat lokasi tersebut untuk nantinya dikembangkan jadi lebih baik. “Kita sudah turun ke lokasi dan memang indah sekali. Masing-masing punya ciri khas dan lokasi wisata baru,” sebutnya kepada wartawan. Peninjauan itu sekaligus untuk memastikan kondisi lokasi serta kesiapan masyarakat dan pemerintah untuk pengemabangan lebih lanjut.

Hal itu akan membuka lebar berbagai jalinan kerjasam dengan pihak ketiga yang ingin mengembangkan daerah wisata serta masyarakat setempat. Ohai tersebut tadi bakal lebih mandiri dan terus mendenyutkan nadi perekonomian di sana.

Sejatinya menurut Bambang ada banyak lokasi yang dikunjungi. Namun hanya empat lokasi yang masuk kualifikasi penilaian. Yakni aspek kekayaan sumber daya alam dan budaya meliputi alam, wisata sejarah dan budaya. Aspek infrastruktur pendukung wisata seperti listrik, sarana komunikasi, transportasi. Juga fasilitas kesehatan, akses keuangan seperti ATM dan agen laku pandai, serta pemandu dan sewa peralatan. Aspek lain yaitu lingkungan bisnis dan aspek kebijakan pariwisata. “Kita liat semua aspek itu. Untuk jadi tempat wisata harus punya hal-hal itu,” terang dia.

Salah satu desa yang masuk dalam empat aspek penilaian itu yakni Ohoi Rumadian. Ia memiliki ciri khas ekowisata bakau seluas sekitar 20 hektar dengan usai pohon sekitar ratusan tahun. Hal itu, lanjut Bambang jadi satu yang beda yang bisa ditemukan di Maluku Tenggara selain wisata pantai dan pasir panjang.

Untuk diketahui Ohoi Rumadian atau Desa Rumadian ini merupakan desa yang berhasil mengelolan dana BUMdes. Bahkan diundang mewakili Maluku di Jakarta untuk mempresentasikan keberhasilan kerja mereka. Desa yang punya produk unggulan beras merah itu bakal disiapkan sebagai potensi pariwisata baru di Kabupaten Maluku Tenggara. (PRISKA BIRAHY)

 

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *