Empat Hari Perjalanan, KMP Bahtera Nusantara 02 Akhirnya Tiba di Ambon

by
KMP. Bahtera Nusantara 02 tengah sandar di Pelabuhan Yos Sudarso , Ambon, Sabtu (24/10/2020). Foto: Ruzady/Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-KMP. Bahter Nusantara 02 tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (24/10/2020). pukul 10:15 WIT. Kapal jenis roll-on-roll (Roro) bantuan Kemeterian Perhubungan RI itu tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat mengatakan kapal berbobot 1.500 Gross Ton (GT) itu tiba di Ambon setelah menempuh perjalanan selama empat hari dari galangan kapal PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard, Surabaya, Jawa Timur.

“Tiba tadi pagi di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon setelah menempuh perjalanan empat hari sejak Selasa dari Surabaya,”jelasnya via seluler Sabtu.

Loading...

Nantinya kapal yang memiliki kapasitas angkut 400 orang dan 29 unit kendaraan campuran (19 unit truk besar dan 10 unit kendaraan) dengan kecepatan percobaan 16 knot per jam akan diresmikan langsung Gubernur Maluku Murad Ismail pada pelayaran perdana.

Hanya saja, kepastian kapan peresmian pelayaran perdana kapal yang dibangun dengan menggunakan dana APBN tahun anggaran 2018-2019 sebesar Rp 90 miliar dengan waktu pekerjaan selama 22 bulan masih tentafif. “Nanti diresmikan oleh Pak Gubernur, tapi jadwalnya masih tentatif,”ujarnya.

Sekedar tahu, KMP. Bahtera Nusantara 02 sebelumnya secara resmi telah dilakukan serahterima dari Kemehub melalui Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail di Hotel Mulia, Jakarta 5 Agustus lalu. Kapal ini akan dioperasika oleh PD. Panca Karya dengan melayari rute Ambon-Banda-Tual. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *