Enam Orang di Lokalisasi Tanjung Positif Terjangkit HIV/AIDS

by
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, pekerja Seks Komersial (PSK) di Lokalisasi Tanjung Batu Merah yang terjangkit virus HIV/AIDS berjumlah enam orang. Namun mereka merupakan kasus lama.

“Yang positif terjangkit itu hanya enam orang saja, dan itu semua kasus lama. Makanya waktu dibilang 30 itu saya kaget,” kata Wendy kepada wartawan di Ambon, Kamis (20/6/2019).

BACA JUGA :30 PSK di Lokalisasi Tanjung Terindikasi Idap HIV/AIDS

Wendy menyebutkan, jumlah keseluruhan PSK di lokalisasi Tanjung kawasan Jalan Jenderal Sudirman Ambon itu berjumlah 189 orang. Namun lanjutnya, saat petugas Puskesmas Rijali dan tim Dinas Kesehatan Kota Ambon ke lokalisasi, Rabu (19/6/2019) belum semua PSK kembali dari libur panjang.

“Sekarang yang ada di lokalisasi itu sesuai data yang kita peroleh berjumlah 104 orang saja dan semuanya sudah diperiksa tim kami,” kata Wendy.

Dia mengaku semua PSK yang berada di lokalisasi itu terpantau oleh Dinas Kesehatan. Dan mereka selalu mendapatkan pengobatan secara rutin. “Mereka dalam pengobatan selalu mendapatkan obat sesuai dengan apa yang harus diperoleh dari penderita HIV,” ujarnya.

Wendy mengatakan, yang menjadi persoalan itu jika PSK itu tidak melakukan aktifitas di lokalisasi melainkan di luar. Hal tersebut menjadi bahaya karena dapat menyebarkan penyakit dan ini tidak bisa dikontrol dengan baik.

“Yang jadi masalah kalau mereka tidak disitu mereka diluar. Penyebaran itu tidak bisa dikontrol,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *