Esok Distribusi Vaksin, Pemkot Ambon Siapkan 4 Dokter Spesialis Pantau Pascavaksinasi

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tanggal 14 Januari 2021 seluruh vaksin akan diedarkan. Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat meninjau distribusi vaksin di Puskesmas Belakang Soya pagi tadi, (13/1/2021) menyatakan 22 puskesmas telah siap menjadi lokasi vaksinasi nakes.

Di wilayah Kota Ambon pemerintah menyiapkan 29 lokasi. Termasuk didalamnya 22 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 1 fasilitas kesehatan pelabuhan. Nantinya proses vaksinasi berlangsung usai seremonial vaksinasi perdana 40 nakes di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon.

“Tanggal 14 (esok) kita akan teruskan ke puskesmas di Kota Ambon. Sekaligus tinjau kesiapan pelaksanaan vaksinasi,” kata Richard kepada awak media dan tenaga kesehatan di Puskesmas Belakang Soya pagi, (13/1/2021).

Maluku dan Kota Ambon secara serentak melakukan vaksinasi pada 15 Januari. Yang dimulai pukul 09.00 WIB. Selain kesiapan lokasi, Walikota Ambon menyatakan perihal keamanan vaksin stersebut.

Yakni dengan membentuk pokja atau kelompok kerja khusus. Tugas mereka yaitu memantau peserta vaksin pascavaksinasi. “Nanti mereka yang pantau dan lihat setelah vaksinasi. Apa ada (efek samping) ringan, sedang ataukah berat. Makanya kita bikin pokja,” sebut dia.

Formasi dalam pokja itu terdiri dari empat (4) orang dokter spesialis – internis, paru-pari, saraf dan anak.

Vaksin yang nantinya disebar di Kota Ambon berjumlah 7.280 dosisi kepoada 3.640. “Kenapa sejumlah itu, karena tiap orang disuntik dua kali. Nanti dua minggu kemudian setelah suntik pertama mereka disuntik lagi kali kedua.

Nantinya saat proses vaksin, setiap vasilitas kesehatan yang mengadakan vaksinasi hanya dapat melayani 15-20 seperta vaksinasi perhari. (PRISKA BIRAHY)