Familirisasi Rampung, KMP Bahtera Nusantara 02 Docking Sepekan

by
Kapal Ferry KMP Bahtera Nusantara 02 yang diserahkan Kementerian Perhubungan kepada Provinsi Maluku. FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON – KMP. Bahtera Nusantara 02, kapal jenis roro bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk Pemerintah Provinsi Maluku telah merampungkan tahapan familirisasi atau tahapan terakhir.

“Sudah selesai familirisasi tanggal 21 (September),” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat menjawab wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Selasa (22/9/2020).

Karena sudah selesai tahap familirisasi, Malawat memastikan, persoalan terkait kru kapal jenis roll on-roll (Roro) berbobot 1.500 Gross Ton (GT) itu artinya sudah beres. Setelah familirisasi, lanjut Malawat, saat ini KMP. Bahtera Nusantara 02 tengah docking selama satu pekan di galangan kapal PT Dumas Tanjung Perak Shipyard, Surabaya, Jawa Timur.

Kapal ini harus docking sebelum ke Maluku karena KMP. Banus 02 sudah masuki jadwal docking tahunan sejak pertama kali diluncurkan ke laut. “Dockingnya ini hanya untuk pembersihan bagian bawah kapal,”sambungnya.

Loading...

Setelah docking, kapal yang memiliki kapasitas angkut 400 orang dan 29 unit kendaraan campuran (19 unit truk besar dan 10 unit kendaraan) dengan kecepatan percobaan 16 knot per jam ini selanjutnya tinggal dibawa ke Kota Ambon, Maluku untuk dioperasikan.

Namun, kapan rencananya kapal yang dibangun dengan menggunakan dana APBN tahun anggaran 2018-2019 sebesar Rp 90 miliar dengan waktu pekerjaan selama 22 bulan akan tiba di Ambon, Maluku, Malawat mengaku harus dikonfirmasikan terlebih dahulu ke pemerintah pusat.

“Jadi setelah docking baru diatur waktu dibawa ke Ambon, karena Berita Acara Serah Terima Operasional atau BASTO sudah ditandatangani baik dari Pak Gubernur, begitu juga Direktur Transportasi Sungai Darat dan Penyebrangan serta Dirjen Perhubungan Darat,”terangnya.

Pada prinsipnya, kata Malawat, pihak Pemprov Maluku sudah siap mengoperasikan KMP. Bahtera Nusantara 02. Rute atau jalur pelayaran KMP Bahtera Nusantara 02 yang telah disiapkan perusahan milik Pemda Maluku yakni PD. Panca Karya selaku provider yaitu Ambon-Banda-Tual. (RUZADY ADJIS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *