Fenomena La Nina, Ambon Masuk Kemarau Basah Hingga Desember

by
Kondisi cuaca. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Hujan ekstrim dan panjang yang mengguyur Kota Ambon pada 3 Oktober 2020 lalu merupakan imbas dari gangguan cuaca global. Kondisi ini membuat Ambon masuk dalam musim kemarau basah pada Oktober hingga Desember.

Ini merupakan fenomena alam dimana cuaca lokal terganggu cuaca global yang signifikasn. Kepala seksi Informasi dan Data Stasion Meteorologi BMKG Pattimura Ambon, Wilhelmina Paays usai menjelaskan ada kejadian La Nina. Fenomena La Nina merupakan peristiwa di mana terjadi penurunan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik bagian timur, yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin pasat timur yang bertiup di sepanjang samudera pasifik.

Loading...

Atau sederhananya, La Nina dpat memicu frekuensi dan curah hujan yang jauh lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga memunculkan potensi banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

“Cuaca lokal ngaruh ke kelembaban udara di Ambon Seram dan Buru juga lembab yang akibatkan kondisi udara labil dan potensi awan hujan. Ini gangguan cuaca La Nina lemah Oktober hingga Desember,” jelas Welhemina usai rapat koordinasi bersama Walikota dan SKPD Kota Ambon di Hotel Marina Ambon, Senin (5/10/2020).

Sejatinya, kota Ambon khususnya telah masuk di musim kemarau. Dibanding periode sama tahun lalu, Ambon telah kebagian udara panas. Namun kali ini dari prediksi data stasiun Meteorologi kota Ambon akan alami yang namanya musim kemarau basah.

“Artinya sudah musim panas tapi masih ada hujan satu-satu,” terangnya. BMKG pun mempreidksi akan terjadi hujan harian selama bulan Oktober.

Kepala Meteorologi Pattimura Ambon Oral Sem Wilar pada kesempatan yang sama juga menghimbau agar masyarakat pun tetap waspada. Khususnya bagi mereka yang tinggal di lereng-lereng bukti dan dekat kali. “Bagi masyarakat yang tinggal di dataran tinggi bukit pun rendah agar waspada cuaca yang ada longsor dan runtuh tanah,”

Oral meminta agar masyarakat memperhatikan info BMKG kota terkait peringatan cuaca. Jika ada peringatan dini segera ambil tindakan dan waspada. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *