Festival Budaya Banda Dan Festival Pattimura Digelar Tiap Tahun

by
Bupati Malteng Tuasikal Abua memberi sambutan saat makan patita di Pantai Ina Marina Masohi, Minggu (10/9). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menjadikan Festival Budaya Banda di Banda Neira dan Festival  Pattimura di Pulau Saparua sebagai agenda rutin tiap tahunnya. Kedua festival ini merupakan program unggulan Dinas Pariwisata Kabupaten Malteng untuk mempromosikan dan menarik wisatawan berkunjung ke Maluku, Malteng dan dua daerah itu. Festival Budaya Banda, bertarjuk Pesta Rakyat Banda digelar setiap Oktober, sementara Festival Pattimura digelar setiap Mei menyambut HUT Pattimura.

“Festival Pattimura di Saparua dan Festival Budaya Banda akan dilakukan setiap tahun oleh pemerintah daerah, sebagai program unggulan bidang pariwisata, yang dikemas dan dikelola sebagai icon dan daya tarik  wisatawan,”   kata Bupati Malteng Tuasikal Abua, saat sambutan makan patita di Pantai Ina Marina Kota Masohi, Minggu (10/9) siang.

Menurut Bupati Tuasikal Abua ,Pemkab Malteng akan bekerjasama dengan Pemprov Maluku untuk  festival di dua daerah tersebut. Pemerintah terus mendorong promosi pariwisata di Kepulauan Banda Neira dan Saparua.

Khusus di Banda Neira, pada Oktober 2017  ini menurut Bupati, Pemprov Maluku dan Pemkab Malteng akan menggelar Pesta Rakyat Banda atau Festival Budaya Banda selama sebulan. “Festival budaya di Banda, kita akan menggelar kegiatan untuk mengembalikan perhatian dunia ke Pulau Banda yang sudah terkenal sejak dulu,” katanya. Pesta Rakyat Banda ini digelar selama sebulan, Oktober hingga November. Pesta ini juga bersamaan dengan peringatan 150 Tahun Perjanjian Breda.

Perjanjian Breda ini ditandatangani pihak Belanda dan Kerajaan Inggris di Kota Breda, Netherland, setelah Belanda memberikan Pulau Manhattan, kepada Inggris untuk ditukar dengan Pulau Rhun di Kepulauan Banda. Dan Inggris merubah nama Nieuw Amsterdam, nama lain dari Pulau Manhattan  itu menjadi New York, kini salah satu kota di Amerika.

Makan patita ini merupakan rangkaian Pesta Rakyat Pamahanunusa di Kota Masohi, dalam rangka syukuran pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Malteng, Tuasikal Abua dan Marlatu Leleury  periode 2017 – 2022. Selain di Banda Neira dan Saparua, menurut Bupati,  Pemkab Malteng juga akan menggelar Pesta Rakyat Pamahanunusa di Kota Masohi secara rutin.

“Untuk  Kota Masohi, Pesta Rakyat Pamahanunusa ini akan digelar secara rutin, ada berbagai kegiatan digelar sebagai program yang pro dan mendekatkan kami dengan rakyat,” kata Bupati. (ADI)