Festival Pesona Bupolo 2018, Bupati Buru Kampanye Sadar Wisata Dan Bersih Pantai

by
Dari kiri Bupati Buru, Kapolres Buru berjalan di Pantai Wisata Jikumarasa Kabupaten Buru usai membuka kampaye sadar wisata dan bersih pantai, Sabtu (13/10/2018).

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buru menggelar kampanye sadar wisata dan bersih pantai yang dipusatkan di kawasan Pantai Wisata Jikumarasa Kecamatan Liliali Kabupaten Buru, Sabtu (13/10/2018). Kampanye sadar wisata dan bersih pantai ini dibuka Bupati Buru Ramly Umasugi didampingi Ketua DPRD Buru, Ikhsan Tinggapi, Kapolres Buru AKBP Aditya B Satrio, Sekda Buru Ahmad Assagaff serta melibatkan ratusan aparat sipil negara, aparat TNI/Polri dan warga sipil.

Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Kabupaten Buru ke 19 dan Festival Pesona Bupolo ke III. Dalam kegiatan ini, para ASN, aparat TNI/Polri dan warga bersama-sama membersihkan kawasan pantai, mulai dari lokasi wisata Jikumarasa hingga kawasan pantai lainnya yang berdekatan dengan Jikumarasa.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru Istanto Setyahadi mengungkapkan, kegiatan ini untuk mengajak masyarakat sadar wisata, pentingnya menjaga pantai agar bersih. Pantai yang bersih dan indah menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Kegiatan ini untuk mengajak warga sadar wisata, menjaga pantai, tidak membuang sampah di pantai. Pantai bersih menjadi daya tarik bagi pengunjung. Kalau orang datang ke pantai maka akan mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga,” kata Istanto.

Bupati Buru Ramly Umasugi saat membuka kegiatan ini mengatakan daya tarik wisatawan ke pantai wisata adalah kebersihan pantai dan kenyamanan pantai. Pantai yang bersih membuat pengunjung nyaman berada di pantai.

“Wisatawan ke pantai itu untuk mencari ketenangan, kenyamanan, keindahan. Tapi kalau tidak nyaman, pantainya tidak bersih, tidak membuat happy bagi pengunjung untuk apa ke pantai wisata,” kata Bupati.

Bupati mencontohkan, Pantai Wisata di Bali tidak terlalu beda jauh indahnya dengan pantai wisata di Maluku. Namun yang membedakan adalah pantai wisata di Bali bersih, dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Karena itu pantai – pantai wisata di Pulau Buru, dan Maluku juga harus bersih dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

loading...

Bupati mengatakan kegiatan ini perlu terus digalakkan untuk memberikan penyadaran kepada warga tidak membuang sampah di pantai dan laut. “Kita harus bersyukur karena diberi anugrah oleh Tuhan Yang Maha Kuasa keindahan Pantai Jimumarasa ini. Keindahan pantai ini tidak ada gunanya kalau kita tidak bisa menjaga pantai ini, caranya ya tidak boleh buang sampah sembarangan di pantai dan laut,” kata Bupati.

Bupati mengatakan biota laut di sekitar Pantai wisata Jikumarasa sangat bagus. Salah satu yang membuat wisatawan datang ke pantai wisata adalah keindahan taman bawah lautnya. “Harus kita jaga keindahan dan kebersihan pantai serta lautnya. Warga harus memiliki kesadaran tentang wisata. Kalau wisatawan terus datang di pantai warga juga yang mendapatkan keuntungan ekonomi. Mulai sekarang jangan lagi buang sampah di pantai,” kata Bupati.

Setelah membuka kampanye sadar wisata dan bersih pantai, Bupati juga melepas lomba mancing di Pantai Wisata Jikumarasa yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kalangan. Selain bersih pantai, sepanjang Sabtu ini juga digelar berbagai lomba di Pantai Wisata Jikumarasa. (ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *