FOTO : Spot Foto Apik, Bertaburan ‘Bunga’

by
Jembatan Merah Putih atau Jembatan Martafons jadi ikon baru di Kota Ambon. Sejak diresmikan pada 4 April 2016 oleh Presiden Joko Widodo, JMP tak kehilangan pesonannya. Dari atas jembatan sepanjang 1.140 meter itu kita bisa menikmati panorama laut Teluk Ambon.
Tak sedikit yang mencuri kesempatan saat siang untuk berfoto di atas jembatan. Atau menunggu hingga sore dan mengabadikan sunset. Dari atas terpampang hamparan landskap Wilayah Kecamatan Teluk Ambon dan Baguala yang memesona.
Sayangnya keindahan yang dinikmati dari atas jembatan tak sama dengan yang dilihat di bawah. Persis di bawah jembatan di wilayah Galala, pesisir pantai dipenuhi sampah. Saat meti atau air surut, bibir pantai terlihat jelas. Namun pantai berpasir itu ditutupi permadani sampah.
Sampah sampah itu umumnya adalah sampah plastik domestik atau rumah tangga. Ambon yang menyabet beberapa kali predikat Kota Adipura, seperti mengembangbiakan sampah dalm teluk. Karena itu datanglah saat sore atau malam Bila ingin berfoto. Setidaknya gelap malam bisa menyembunyikan bunga bunga sampah di permukaan. Foto ini diambil pada Rabu 4 April 2018. FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)