FOTO : Unjuk Rasa Tuntut Selesaikan Kasus HAM

by
Pemuda dari Komite Perjuangan untuk Demokrasi dan HAM membacakan delapan tuntutan terkait upaya mengusut sejumlah pelanggaran HAM di Papua (11/11). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON – Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan Komite Perjuangan untuk Demokrasi dan HAM berunjuk rasa di depan monumen Gong Perdamaian Ambon, Senin siang (11/11/2019). Belasan orang itu menyuarakan sejumlah fakta terkait pelanggaran HAM yang terjadi di tanah air. Khususnya di Papua.

Sejumlah spanduk yang mereka bawa jelas bertuliskan isi tuntutan mereka yang menilai tidak ada keadilan dan janji palsu pemerintah untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM.

Para pengunjuk rasa membeberkan fakta sejumlah aktivis pembela HAM di Papua yang ditangkap mulai dari 30 Agustus 2019 hingga penghujung September 2019.

loading...

Terdapat delapan tuntutan yang mereka suarakan. Seperti meminta pembebasan kepada 22 aktivis Papua termasuk Surya Anta tanta syarat, ada penarikan TNI-POLRI dari Papua, hentikan kriminalisasi aktivis HAM yang mengadvokasi sejumlah kasus di Papua, meminta DPR-RI mencabut pasal makar karena dianggap rentan disalahgunakan.

Namun aksi yang tak sampai satu jam di bawah terik itu, segera dibubarkan oleh sejumlah petugas kepolisian yang menilai aksi tersebut tak berijin. Para pengunjuk rasa membubarkan diri usai membacakan seluruh isi tuntutan mereka. (PRISKA BIRAHY)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *