Gelar Musrembang, Visi Misi Walikota Ambon Terpilih Jadi Prioritas Utama

by
Penjabat Walikota Ambon saat sambutan pembukaan Musrembang Kota Ambon, Senin (27/3). Foto : IAN (TERASMALUKU)

AMBON- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kota Ambon tahun 2018. Musrembang yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (27/3) dibuka Penjabat Walikota Frans J Papilaya. Berbagai isu penting dibahas dalam forum itu, termasuk visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Ambon terpilih.

Musrembang dihadiri 200 peserta  dari  pimpinan perangkat daerah, pimpinan dan anggota Dewan Perwaikilan Rakyat Kota Ambon, Camat, Lurah, Kepala Desa, Raja, dan para pemangku kepentingan lainnya yang terkait pembangunan. Ketua Panitia Musrembang  Vin Khouw mengatakan, salah satu tahap yang harus dilalui dalam penyusunan rancangan pembangunan daerah adalah penyelenggaraan Musrembang terhadap  RKPD. “Musrembang adalah forum pemangku kepentingan di kota ini untuk melakukan klarifikasi dan kesepakatan tentang RKPD Kota Ambon tahun 2018,” kata Vin.

Ia menyatakan, Musrembang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistim penyelenggaraan pembangunan nasional, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor  54 tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan tata cara penyusunan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah.

Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya menyatakan, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah mengamanatkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ditetapkan paling lama enam bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik. “Dalam UU Nomor 23 tahun 2014 maka perencanaan pembangunan Kota Ambon juga harus berselaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Maluku,” kata Papilaya.

loading...

Ia menjelaskan, Walikota dan Wakil Walikota terpilih telah memaparkan visi dan misi untuk 5 tahun kedepan. Beberapa program yang dipaparkan antara lain, Ambon bersih, aman, terang, sehat, cerdas, berbudaya, dan Ambon sejahtera. Selain itu, program prioritas diarahkan juga kepada visit Ambon 2020 diantaranya melalui perwujudan Ambon City Of Musik dan mempercepat Perairan Teluk Ambon yang bersih. Visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Ambon terpilih akan menjadi perhatian serius pada Musrembang agar menjadi prioritas pembangunan kedepan nanti.

“Kami sadari masyarakat dan rakyat Kota Ambon mempunyai harapan yang tinggi kepada Pemkot Ambon. Karena itu masih terdapat paradigma bahwa kegiatan pembangunan di kota ini adalah  kewajiban Pemkot Ambon,” ujarnya.  Ia menambahkan, perencanaan pembangunan yang berkualitas, bersinergi, terintegrasi, dan berkesinambungan adalah harapan seluruh masyarakat kota Ambon. (IAN)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *