Gelar Pasukan Amankan Pilkada di Maluku, Polisi Wajib Netral

by

AMBON-Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mulai menggelar operasi pengamanan Pilkada 2017 dengan sandi Operasi Mantap Praja Siwalima.Pasukan pengamanan Pilkada di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Selasa (20/9) siang menggelar apel pasukan di Lapangan Upacara Polda Maluku kawasan Tantui Ambon. Apel pasukan dipimpin langsung Kapolres Pulau Ambon dan Pulau –Pulau Lease AKBP Harold Huwae.
Kapolres saat membacakan amanat Kapolda Maluku Brigjen Pol. Ilham Salahudin menegaskan aparat Kepolisian wajib netral dalam pengamanan Pilkada Kota Ambon dan Malteng nanti. Sebagian Kabupaten Malteng masuk dalam wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lesae. Kapolda minta personil yang terlibat dalam pengamanan Pilkada agar bertindak profesional, tegas namun humanis, tidak bertindak arogan dalam melaksanakan tugasnya.
“Bertindak profesional dan profosonal, serta senantiasi bertidak tegas namun humanis dalam setiap pelaksanaan tugas. Pegang tegung netralitas dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah serta Walikota dan Wakil Walikota Ambon nanti, sehingga kita dapat berdiri di tengah-tengah semua golongan tanpa keberpihakan,” kata Kapolda dalam amanat tersebut.
Kapolda juga minta pasukan pengamanan Pilkada, menghindari tindakan tidak simpatik atau arogan yang tidak mencerminkan seorang aparat profesional, modern terpercaya dalam melaksanakan tugasnya. Khusus dalam menghadapi situasi genting, Kapolda minta aparat dapat bertindak responsif, cepat, tegas dan efektif sesuai dengan protap yang ditentukan.
Aparat kepolisian harus terus menjalan koordinasi dan komunikasi dengan unsur aparat terkait lainnya termasuk masyarakat agar potensi sekecil mungkin akibat Pilkada dapat diatasi segera.“Aparat selalu waspada terhadap pihak – pihak tertentu yang dapat mengganggu situasi keamanan dan kelancaran proses Pilkada nanti,” katanya.
Menurut Kapolres personil yang dikerahkan dalam pengamanan Pilkada Kota Ambon dan sebagian wilayah Malteng berjumlah 1.300 orang. Kekuatan ini dibantu aparat TNI Kodam 16 Pattimura, seperti Yonif 731 Kabaressy dan Yonif 733 Raiders.
Hadir dalam gelar pasukan ini, Wakil Bupati Malteng Marlatu Leleuri, Sekot Ambon A.G.Latuheru, Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama, KPU Malteng, termasuk Pansangan Calon Walikota Poly Kastanya dan Calon Wakil Walikota Sam Latuconsina atau PANTAS. Pasukan pengamanan Pilkada ini mulai bertugas hari ini hingga berakhirnya Pelaksanaan Pilkada 2017 nanti. ADI