Gelar Pelatihan, Kemen PPPA Kembangkan Potensi Perempuan Maluku

by
Suasana Pelatihan Perempuan Maluku di BLK Passo Ambon, Minggu (6/11).

AMBON_ Untuk mengembangkan potensi perempuan Maluku yang lebih baik, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (Kemen PPPA) menggelar pelatihan bagi puluhan perempuan yang berkompeten, kompetitif dan produktif. Dalam pelatihan ini, Kemen PPPA bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Pemprov Maluku. Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kreativitas usaha kaum perempuan sehingga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi bagi keluarga.
“Program ini sangat penting, karena pelatihan seperti ini bukan hanya untuk membantu mengurangi jumlah pengangguran terhadap perempuan atau ibu-ibu rumah tangga. Tetapi dengan pelatihan ini juga sekaligus mengembangkan potensi kaum perempuan,” kata staf Kemen PPPA, Mujiyanti saat menutup kegiatan pelatihan di BLK Passo Kota Ambon, Minggu (6/11).
Dalam pelatihan yang berlangsung selama dua pekan itu, peserta diajarkan berbagai program pemberdayaan kaum perempuan sehingga diharapkan bisa melakukan usaha kecil sesuai dengan potensi masing –masing. Mujiyanti menyatakan materi diajarkan meliputi empat bidang, yakni teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pertanian, menjahit dan memasak. “Saya melihat ada keseriusan dalam diri peserta pelatihan, dan ini patut diberi apresiasi. Mereka menunjukan bahwa perempuan-perempuan Indonesia khususnya Kota Ambon layak menjadi perempuan hebat nantinya,”ungkapnya.
Ia berharap kegiatan ini dapat diimplementasikan nanti serta dapat ditularkan ke warga lainnya, sehingga dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi keluarga. “Saya berharap, akhir dari kegiatan ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat bermanfaat kepada mereka dan dapat disalurkan ke hal layak untuk kedepanya dapat mencerdaskan dan melahirkan perempuan hebat yang bertalenta dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya,” tutur Mujiyanti. (RIA)