Gelar Pers Gathering, Korem 151 Binaiya Harapkan Sinergi Dengan Wartawan Ditingkatkan

by
Anggota Korem 151 Binaiya bersama wartawan usai Outbound di Pintu Kota kawasan Nusaniwe Ambon, Sabtu (25/11).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Perdamaian di Maluku takkan terjadi tanpa media.Media massa memiliki peran sangat penting bagi perdamaian dan konflik. Hal tersebut diungkapkan Komandan Resor Militer (Danrem) 151 Binaiya, Kolonel Inf. Christian Kurnianto Tehuteru dalam amanat tertulis yang dibacakan Pasi Komsos Korem 151 Binaiya Mayor Inf Ibrahim Amin dalam Outbound yang digelar Korem bersama insan pers Maluku di Pintu Kota Beach Kompleks Desa  Air Louw Nusaniwe Kota Ambon, Sabtu (25/11).

Menurutnya, media memainkan peran penting bagi perdamaian, konflik dan peperangan. “Media bisa menyulut konflik yang kecil, menjadi besar dan memicu ketegangan menjadi besar,” kata Danrem. Pers Gathering dan  Outbound ini digelar  Bidang Penerangan Korem 151 Binaiya, dan diikuti puluhan jurnalis dari berbagai media cetak, online dan elektronik di Maluku.

Kegiatan ini bertujuan mempererat hubungan antara Korem 151 Binaiya dengan insan pers di Maluku dan meningkatkan sinergi yang lebih baik untuk kerja media di Maluku. “Kami mngharapkan ada perubahan untuk kinerja yang lebih baik, dan meningkatkan sinergitas antara Korem dan kalangan wartawan di Maluku,”kata Danrem.

Yang mendapat perhatian serius jurnalis adalah outbound, latihan kepempinan dan manajemen di alam terbuka dengan berbagai rintangan. Leni Huwae, Bintara Tinggi Pelatih Jas Korem 151 Binaiya, mengatakan, wartawan harus berorientasi pada kepentingan publik. Bukannya berpihak hanya ke kelompoknya.“Kondisi alam Maluku menuntut jurnalis memiliki nyali dan berani. Karena itu insan pers di Maluku, harus memiliki jiwa petualangan, mengeksplorasi diri di tempat ia bertugas,” kata Leni.

Bagi insan pers, outbound ini penting mempersiapkan jurnalis di lapangan, dan bisa mengendurkan urat syaraf karena setiap hari dibebani oleh deadline, liputan dan pemberitaan.

“Seru dan penuh tawa. Pikiran kita menjadi segar dengan outboUnd ini,” kata Amirilla Tuasikal, salah satu wartawan yang mengikuti outbound. Ia menuturkan, kegiatan ini menumbuhkan kerjasama dan kekompakan kelompok.,”permainan dan perlombaan berlangsung seru,”ucapnya.(AMA)