Gelar TMMD di SBT, Kodim Masohi Bantu Sejahterakan Warga

by
Sekda SBT menyerahkan skop saat membuka TMMD

MASOHI-Kodim 1502 Masohi mulai menggelar Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 pada 2016. Pembukaan kegiatan ini dipusatkan di lapangan bola Waeketam Kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur(SBT) pada Selasa (20/9). Kegiatan ini dihadiri Sekda SBT Syarif Makmur, Dandim 1502 Masohi Letkol Arm Yogo Widiatmoko, 150 personil TNI, FKPPI Maluku Tengah (Malteng) dan masyarakat.
Dandim menyatakan, lewat TMMD, Kodim Masohi berkomitmen membantu sejahterakan warga serta bersinergi dengan pemerintah daerah SBT melalui program fisik maupun non-fisik sehingga dampaknya bisa langsung dirasakan masyatakat setempat. “Substansi pokok TMMD yaitu mensinergikan program kerja Pemkab dan Kodim guna mempercepat pembangunan daerah,” ujar Dandim Letkol Arm Yogo Widiatmoko usai pembukaan.
Adapun program dimaksud mencakup program fisik juga non-fisik, meliputi bidang kesejahteraan rakyat, kesadaran barbangsa dan bernegara, penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan tentang lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat, dan penyuluhan emas hijau, penyuluhan bahaya latihan komunis (Balatkom) serta kesadaran bela negara, hukum dan kamtibmas.
Ia menyatakan program fisik diantaranya, pembangunan jalan desa sepanjang 100-400 meter di Desa Waiketam Baru, ruas jalan Dusun Jaya sepanjang 500 meter. Pembangunan jalan sepanjang 500 dan 300 di Desa Jembatan Basah, jalan sepanjang 800 meter serta dua unit jembatan kayu 4 x 6 sepanjang 6 meter di Desa Aki Jaya, jalan sepanjang 800 meter di Desa Waisamet, jalan sepanjang 500 meter di Desa Jakarta Baru. Untuk mempercepat program pembangunan desa, Kodim menerjunkan sebanyak 150 personil TNI terdiri dari Yonif 731 Kabaressi, Kodim serta Denpom Masohi yang ditempatkan pada enam titik. “Terbagi dalam tiga kelompok dan menempati rumah warga selama sebulan,” paparnya.
Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas mengapresiasi Kodim Masohi, karena daerahnya dijadikan pusat TMMD. Ia menyatakan program TMMD merupakan wujud kepedulian TNI terhadap rakyat, upaya upaya percepatan pembangunan terutama aksesibilitas. “Saya apresiasi dan mendukung penuh TMMD ke-97 tahun 2016 di SBT, progam kemanunggalan ini sebagai bentuk kepedulian TNI mempercepat pembangunan dan akses bagi rakyat, “kata bupati dalam sambutan yang dibacakan Sekda. DIT