GEMPA Berkekuatan 6,1, Sejumlah Rumah Warga di Kecamatan Tehoru Rusak

by
Kerusakan rumah warga di wilayah Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah akibat gempa magnetudo 6,1 yang menguncang wilayah Maluku Tengah, Pulau Seram, Rabu (16/6/2021) siang. FOTO : Tangkapan layar

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gempa bumi dengan magnetudo 6,1 yang mengguncang wilayah Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram pada Rabu (16/6/2021) pukul 13.43 WIT, menyebabkan kerusakan sejumlah rumah warga.

BACA JUGA : BMKG Ambon Sebut Terjadi Tsunami Setinggi 0,5 Meter Setelah  Gempa Berkekuatan 6,1

BACA JUGA : BMKG: Waspada Gempa Susulan dan Potensi Tsunami di Sepanjang Pantai Yaputih – Apiahu Malteng

BACA JUGA : PASCA GEMPA, Ribuan Warga Tehoru Mengungsi ke Gunung

Informasi yang diperoleh Terasmaluku.com dari warga Desa Tehoru Kecamatan Tehoru menyebutkan terdapat kerusakan sejumlah rumah warga di wilayah Kecamatan Tehoru. Rumah warga yang rusak mengalami keretakan, dindingnya romboh,  serta ada bangunan rumah yang roboh.

“Kerusakan rumah terjadi di Desa Haya, Desa Yaputih, Desa Tehoru, Dusun Mahu yang wilayah patahan serta rumah warga juga rusak di Desa Tehoru,”kata Mona Hatapayo saat dihubungi dari Ambon, Rabu (16/6/2021) siang.

Mona juga menyebutkan usia gempa dengan kekuatan 6,1 itu menyebabkan terjadi air pasang di kawasan pengiriman jembatan Haji Jemmy, Pantai Tehoru Kecamatan Tehoru.

Mona menjelaskan saat ini ribuan warga dari sejumlah desa Kecamatan Tehoru mengungsi ke hutan jauh dari pesisir pantai. Warga takut ancaman gempa susulan yang dikhawatirkan memicu terjadi tsunami. Apalagi adanya peringatan dari BMKG yang meminta warga waspada gempa susulan dan menjauh dari pesisir pantai.

“WASPADA Gempa Susulan dan Potensi Tsunami akibat longsor ke/di bawah laut bagi Masyarakat di sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, P. Seram, Maluku. Segera menjauhi pantai menuju tempat tinggi,” tulis BMKG dalam akun twitter BMKG.

Sebelumnya, gempabumi tektonik sekuat 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Maluku, Rabu (16/6/2021) pukul 13.45 WIT.

Getaran gempa dirasakan di Tehoru, Masohi, Bula, dan Kairatu dengan skala III MMI. Sementara di Ambon dirasakan masyarakat sekuat II MMI.

Episenter gempa berada pada lokasi 3.39 LS-129.56 BT (7 km Timur Tehoru-MALTENG, 58 km Baratdaya Kobisonta-MALTENG) dengan kedalaman 10 km.

Editor : Hamdi