Gempa Guncang Ambon Dan SBB, Tidak Berpotensi Tsunami

by
Peta Gempa : Sumber BMKG

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jumat (19/10/2018). Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu dalam siaran pers menjelaskan,  hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 05:10:16 WIT dengan kekuatan M=3.4.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.73 LS dan 127.41 BT, tepatnya di laut 27 km Timur Laut Ambalau-Buru Selatan pada kedalaman 10 km. “Berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempabumi tersebut dirasakan di Ambon dan Seram Bagian Barat I SIG-BMKG (I-II MMI). Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban,” kata Mustamu.

Ia mengatakan ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi. “Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” katanya.

Menurut Mustamu,  terkait dengan peristiwa gempabumi  yang terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 06:06 WIT belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. “Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tegas Mustamu. (ADI)