Generasi Millennial Cenderung Konsumtif?

by

Jakarta – Generasi millennial adalah generasi yang memiliki populasi yang banyak saat ini. Lantas, apakah generasi millennial cenderung konsumtif?

Menurut Ivan Sujana, M.Psi., Dosen Fakultasi Psikologi UI, menjelaskan saat ini masyarakat cenderung mudah untuk menjadi konsumtif. Hal tersebut karena sangat dimudahkan oleh tempat berbelanja baik di online maupun di tempat lainnya.

“Akses untuk berbelanja saat ini tidak sulit. Sehingga masyarakat cenderung mudah untuk konsumtif,” kata Ivan saat ditemui di acara Forum Ngobras dengan tema Survival Guige Genaris Millennial menuju 2020, Jakarta, Rabu (13/04/2016).

Perlu diketahui, generasi millennial adalah anak muda yang lahir pada rentan tahun 1980-an hingga 2000-an. Mereka akan menjadi yang terbesar di tahun 2020. Kemahirannya menggunakan teknologi karena terlahir dan dibesarkan dengan internet dan piranti cerdas lainnya dalam menjalankan kehidupan sehari – hari.

“Sekarang sekitar 50 persen generasi millennial berusia di bawah 30 tahun merajai dunia kerja,” ungkap Anton Wirjono, Founder Brighspot Market dan The Goods Dept ditemui di tempat yang sama.

Tidak heran, jika generasi millennial sangat mandiri, haus tantangan dan berpikir out of the box. Meski begitu, generasi millennial dinilai cenderung berfikir pendek, tidak untuk jangka panjang. Contohnya dalam merencanakan keuangan dalam kehidupannya.

“Jika generasi sebelumnya, menabung untuk menghadapi ketidakpastian pada masa depan, hal ini berbeda dengan generasi millennial. Mereka memang gemar menabung, namun untuk tujuan pasti dan cenderung pada jangka pendek. Sehingga apa yang mereka tabung, ketika mereka butuh mereka pakai. Seperti untuk traveling dan sesuatu yang mereka suka,” papar Ivan.

Hal positif yang dapat diambil dari generasi millennial adalah mereka tahu apa yang mereka mau. Hal ini dapat memudahkan mereka dalam meraih tujuan hidup. inilah.com