Genjot Olahraga Bola Basket, Dispora Kota Ambon Kerjasama Dengan DBL Maret

by
Lapangan basket Kota Ambon di Taman Pattimura, (16/2). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah Kota Ambon baru saja memulai kerjasama untuk pengembangan olahraga bola basket di Kota Ambon. Kerjasama itu terjalin dengan tiga pihak utama yang nantinya akan mulai realisasinya pada Maret. Yakni DBL (Developmental Basketball League) dan Vor Maluku.

Richard Luhukay, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon menyatakan kerjasama  ini merupakan buntut pertemuan dengan salah satu komunitas muda.

Loading…
sumber: dbl.id

“Ini rentetan dari kegiatan dispora. Kebetulan di dalamnya ada anak muda Ambon yang memberi dukungan. Mungkin karena hobinya basket jadi jaringan yang mereka temui DBL,” terang Richard usai pertemuan di Senopati Jakarta Selatan.

DBL merupakan salah kompetsi liga bola basket tingkat pelajar SMA yang berpusat di Surabaya. Namun terus berkembang dan mereka kini banyak melakukan pengembangan kapasitas pebasket tanah air. Tidak hanya pemain, tapi juga pelatih, wasit hingga soal standarisasi lapangan.

Hal inilah yang bakal diterapkan bagi para pebasket di Kota Ambon. “DBL ini sama dengan NBAnya Indonesia. Mereka berikan edukasi  kepada pemain, pelatih juga wasit. Dukungan termasuk prasarana bagi pebasket di Kota Ambon,” lanjut Richard.

Secara bertahap pihaknya akan mulai mendata jumlah kelompok basket yang ada di Kota Ambon. Nantinya mereka akan menyusun pola pengembangan yang pas untuk pebasket usia pelajar.

“Rencananya lapangan basket di Taman Pattimura akan diperbaiki sesuai standar. Jadi sarana prasarana semua dibuat pas untuk menunjang pendampingan ini. Maret kita mulai jalan,” katanya optimistis.

Menurutnya Ambon merupakan kota kedua di Indonesia timur yang digandeng DBL. Ini katanya sebagai angin segar untuk pertumbuhan olahraga beregu khususnya bola basket di Kota Ambon Manise.

DBL Indonesia dan Vor Maluku juga akan melakukan penandatangan MoU serta Penetapan Kota Ambon sebagai anggota DBL Indonesia di wilayah Indonesia Timur dan Rumah Kolaborasi Vor Maluku. (PRISKA BIRAHY)