Gerakan Sadar Pilkada 2018, KPU Maluku Gelar Jalan Sehat

by
Pelaksana Tugas Ketua KPU Maluku Iriane S. Ponto melepas Gerak Jalan Sehat, Penggalangan Gerakan Sadar Pilkada Maluku di Gong Perdamaian Ambon, Minggu (29/10). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

 

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menggelar jalan sehat bertajuk “Penggalangan Gerakan Sadar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Minggu (29/30) sore.Gerak jalan sehat, gerakan sadar Pilkada ini dilepas Pelaksana Tugas Ketua KPU Maluku Iriane S. Ponto di depan Gong Perdamaian Kota Ambon.

Loading…

Sekitar 1.500 orang yang terdiri dari masyarakat umum, pemilih pemula, pemilih keagamaan, disabilitas, kaum perempuan, staf dan komiosioner KPU Provinsi Maluku dan KPU Kota Ambon, Bawaslu Kota Ambon dan Maluku ikut jalan sehat sadar Pilkada ini.

Dengan menggunakan kaos bertuliskan gerakan sadar Pilkada, peserta melintasi sejumlah jalan utama di Kota Ambon. Yakni, Jalan Raya Pattimura, Jalan Ahmad Yani, Batu Mejah, kawasan Urumessing, Tugu Trikora, Jalan AM. Sangadji, Jalan AY Patty dan finish di depan Gong Perdamaian Ambon. Suasana makin meriah, karena jalan sehat, gerakan  sadar Pilkada  ini juga dimeriahkan grup marching band SMA Negeri 1 Ambon.

Ponto saat melepas gerak jalan sehat, gerakan sadar Pilkada menyatakan, kegiatan ini melibatkan 1.500 peserta dari seluruh perwakilan pemilih. KPU Maluku mengerahkan 500 peserta, sedangkan KPU Kota Ambon 1.000 peserta.

Peserta melintasi jalan di Ambon

“Penggalangan gerakan sadar Pilkada melalui gerak jalan sehat ini  dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang menggelar Pilkada serentak. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Maluku nanti,” kata  Ponto.

Ia mengungkapkan,  kegiatan  ini juga untuk mewujudkan suatu gerakan bersama menuju Pilkada Maluku yang bermartabat, berintegritas dan  berkualitas.  KPU Maluku menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Maluku  2018 sebesar 80 persen naik 2 persen  dari partisipasi pada Pilkada Maluku periode sebelumnya.

Dalam kesempatan ini juga, Ponto membacakan sambutan Ketua KPU RI Arief Budiman.  Arief meminta komosioner KPU di  Maluku untuk melayani semua peserta Pilkada secara adil, dan memfasilitasi pemilih untuk mendapatkan hak politik dalam Pilkada nanti.Kegiatan juga dimeriahkan dengan pembagian berbagai hadiah bagi peserta jalan sehat. (ADI)