Gren Moluccas Dan GPM Tanam Ribuan Anakan di Dua Negeri

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gren Moluccas bersama Gereja Protestan Maluku (GPM) melakukan penanaman ribuan anakan pohon di Negeri Hatalai dan Negeri Soya Kota Ambon, Jumat (25/6/2021).

Penanaman tersebut untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia dan menyikapi krisis air bersih di Kota Ambon.

Penanaman anakan pohon ini berjumlah 1.670 bibit pohon. Diantaranya 450 bibit pohon Rambutan, 350 bibit pohon Durian, 120 bibit kayu Titi, 150 bibit pohon Pala, 150 bibit pohon Cengkeh, 150 bibit kayu Besi, 150 bibit kayu Lenggua, dan 150 bibit pohon Gaharu.

Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru yang ikut dalam penanaman anakan pohon mengingatkan mengenai restorasi ekosistem sebagai tema besar hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021.

Menurut dia masyarakat sudah saatnya melakukan penyesuaian berfikir dan bertindak guna menjaga dan merawat lingkungan.

“Kita harus melakukan restorasi dan rehabilitasi hutan dan kawasan guna mendukung upaya mengatasi krisis perubahan iklim,” katanya

Ketua Sinode GPM Pdt. E. Maspaitella mangatakan, pentingnya penanaman tanaman endemik, sehingga anak-anak bisa mengenal lalu merasa memiliki dan mencintai alam.

“Sebab tindakan menanam adalah kekuatan menyatu dengan ibu. Dengan mencintai, merawat dan memelihara, kita akan tetap merasakan rangkulan ibu,” kata Maspaitella

Sementara itu, BoD Green Moluccas Irene Sohilait menyampaikan, keterlibatan Green Moluccas bukan baru kali ini saja. Dalam pelaksanaan kegiatan lingkungan hidup, GPM seringkali melibatkan mereka.

Dia berharap, melalui penanaman jenis tanaman pohon buah-buahan dan beberapa tanaman lokal lainnya ini, bukan hanya masalah air bersih yang bisa diatasi perlahan, tetapi juga ancaman punahnya berbagai jenis tanaman lokal bisa segera diantisipasi. (ALFIAN)