Gubernur Berangkatkan  Nahla, Penderita Tumor Ganas Berobat ke Makassar

by
Nahla Namma, gadis berusia 14 tahun, penderita tumor ganas di kaki kiri. FOTO :TERASMALUKU

AMBON – Nahla Namma, gadis berusia 14 tahun, penderita tumor ganas di kaki  kiri mengundang simpati berbagai pihak di Maluku. Termasuk  Gubernur Maluku Said Assagaff. Direncanakan, Jumat (17/3) ini, gubernur akan memberangkatkan Nahla,  siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri  Sepa  ke   Makassar,  untuk dioperasi dan mendapatkan perawatan medis dengan baik di rumah sakit.  “Jumat saya akan berangkatkan Nahla  ke Makassar,” ujar Assagaff kepada wartawan di Ambon, Kamis (16/3).

Sebelum memutuskan memberangkatkan Nahla, Assagaff terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Maluku dr. Meykal Pontoh, untuk membicarakan teknis pengobatan yang harus dilalui oleh gadis kediaman Negeri Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah itu.

“Kasihan dia masih sangat muda, masih berumur 14 tahun. Kemarin ketika saya dengar itu, saya langsung koordinasi dengan Ibu Kadis Kesehatan  untuk teknisnya penangannya bagaimana. Dan kita siap, untuk berangkatkan dia esok (Jumat, 17/3),” ungkapnya.

Assagaff mengaku, sudah memerintahkan Pontoh, untuk menghubungi Rumah Sakit yang menangani pengobatan Nahla di Makassar. “Saya sudah perintahkan Kadis Kesehatan untuk menghubungi rumah sakit yang akan menangani gadis tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kamis siang,   Bupati Maluku  Tengah Tuasikal Abu bersama istrinya  juga mendatangi rumah Nahla. Selain itu sejumlah pejabat di Maluku Tengah juga menjenguk Nahla. Usai dijenguk Bupati, Nahla kemudian  dibawa ke RSUD Masohi, untuk mendapatkan perawatan medis. Bahkan, Bupati juga menyatakan Nahla akan dioperasi di RS Dharmais Jakarta.

Karena tak  punya uang,  orang tuanya tidak membawa  Nahla berobat ke rumah sakit, sehingga kondisinya makin parah. Derita Nahla menjadi viral di media sosial warga Maluku sehingga mengundang simpati berbagai pihak membantu Nahla. Di media sosial muncul aksi penggalangan  dana untuk Nahla. Semoga Nahla dapat disembuhkan, agar bisa sekolah lagi. (DED)