Gubernur: Ketua DPR Akan Panggil Menkeu Bicarakan DAU Maluku Dari Laut

by
Pertemuan Ketua DPR RI Setya Novanto bersama Gubernur, Ketua DPRD dan Ketua - Ketua Fraksi DPRD Maluku, Selasa (18/4). FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

AMBON – Gubernur Maluku, Said Assagaff mengatakan  Ketua DPR RI Setya Novanto akan memanggil Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, untuk membicarakan Dana Alokasi Umum (DAU) Maluku yang dijanjikan Presiden Joko Widodo akan mulai dihitung dari luas wilayah laut daerah ini.

Pernyataan Gubernur tersebut, terkait hasil kunjungannya dengan Ketua DPRD Maluku Edwin Aldrin Huwae, bersama para Wakil Ketua DPRD Maluku dan para Ketua Fraksi di DPRD Maluku ke DPR RI, Selasa (18/4).

“Dalam pertemuan itu, Pak Ketua DPR RI menyatakan akan memanggil Menteri Keuangan untuk membicarakan DAU Maluku yang dihitung dari luas wilayah laut,” kata Assagaff.

Sedangkan terkait pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang (Menko) Maritim Luhut Binsar Panjaitan, menurut Assagaff, persoalan perhitungan DAU Maluku akan dikomunikasikan antara Menko Maritim dengan Menteri Keuangan.  “Menko Maritim akan menyampaikan juga ke Menteri Keuangan. Lalu dari Departemen Keuangan juga akan minta dukungan dari DPR,” ungkap Assagaff.

Dia berharap, hasil pertemuan Ketua DPR RI dengan Menteri Keuangan, serta pembicaraan antara Menko Maritim dengan Menteri Keuangan bisa menjawab harapan Pemerintah Daerah Maluku dan DPRD Maluku, yaitu DAU Maluku dihitung dari laut dan perhitungan 50%-nya dimulai dari nol (0). (ADI)