Gubernur Lepas Jamaah Calon Haji Asal Maluku ke Tanah Suci

by
Gubernur Maluku Murad Ismail menyalami Jamaah Calon Haji saat pelepasan JCH asal Maluku dari Asrama Haji Waiheru Ambon menuju Embarkasi Hasanuddin Makassar, Sabtu (13/7/2019). FOTO : (NAIR FUAD)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku Murad Ismail melepas keberangkatan 1.272 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Maluku dari Asrama Haji Waiheru Ambon menuju Embarkasi Hasanuddin Makassar, Sabtu (13/7/2019).

Gubernur dalam sambutannya meminta semua pihak terutama masyarakat Maluku turut mendokan keberangkatan JCH ke Tanah Suci Mekkah. Gubernur minta JCH tetap sehat, sabar, ikhlas agar niat menunaikan Ibadah ke Tanah Suci Mekkah berjalan lancar.

“Saya dan keluarga serta masyarakat Maluku tetap mendoakan sehingga mereka akan mendapat predikat haji mabrur, dan kembali dengan selamat,”ungkap Gubernur.

Menurut Murad, ibadah haji adalah momentum ibadah yang diharapkan mampu dipahami dan didalaminya. Orang-orang yang melaksanakan ibadah haji akan menjadi sumber kasi sayang, sumber kedamaian, sumber kesejahteraan dan sumber kebahagian sesama. “Sehingga dengan demikian jamaah haji dapat bermanfaat untuk menjaga kerukunan umat beragama di Maluku,” kata Gubernur.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Fesal Musaad mengatakan, sebanyak 1.272 CJH asal Maluku akan diberangkatan ke Mekkah melalui Embarkasi Makassar.

JCH akan diberangkatkan mulai Minggu (14/7/2019) hingga Selasa (15/7/2019) dengan menggunakan maskapai Lion Air, setelah itu diberangkatkan lagi munuju Arab Saudi pada Senin hingga Selasa. “Sesuai jadwal Jamaah haji akan kembali ke Indonesia pada Jumat, 26 dan Sabtu 27 Agustus 2019 menggunakan maskapai Garuda Indonesia,” kata Fesal.

loading...

Dia mengatakan kuota haji Provinsi Maluku berjumlah 1.272 orang. Jumlah ini sesuai keputusan Menteri Agama tentang haji tambahan. “Untuk itu kita bersyukur kota haji tetap bertambah dari angka 569 orang dan di dua tahun terakhir ini menjadi 1.272 orang,”katanya.

Jumlah JCH Maluku ini dengan rincian Kota Ambon 365 orang, Maluku Tengah 189 orang, Maluku Tenggara 97 orang, Seram Bagin Barat 123 orang, Kabupaten Seram Bagian Timur 117 orang, Kabupaten Buru 118 orang, Kabupaten Buru Selatan 48 orang, Kepulauan Aru 66 orang, Kabupaten Maluku Tenggara Barat 11 orang, Kabupaten MBD 5 orang ditambah TPHD 8 orang. (NAIR FUAD)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *