Gubernur Luncurkan Aplikasi Baru Disperindag Genjot Sektor Ekspor Maluku

by
Peluncuran aplikasi early information system milk Disperindag Maluku oleh Gubernur Maluku page tadi (27/11). Aplikasi itu diharapkan bisa memudahkan layanan ke masyarakat. FOTO: NAIR FUAD

TERASMALUKU.COM,AMBON-Gubernur Maluku Said Assagaff meluncurkan aplikasi pelayanan publik early information system milik Dinas Perindustrian Dan Perdaganggan Provinsi Maluku yang berlangsung di halaman Disperindag Selasa, (27/11/2018).

Aplikasi ini memungkinkan pengiriman berkas secara cepat tanta harus menunggu di kantor. Saat peluncuran dijelaskan, aplikasi itu digunakan oleh masyarakat yang ingin memasukan barkas terkait usaha perdagangan pun ekspor impor. Cukup mengunduh aplikasi dan mengunggah sejumlah berkas, maka notifikasi akan langsung diterima kepala dinas atau bagian terkait.

“Saya kira baru satu-satunya dinas yang punya aplikasi terbanyak yang di meluncurkan di tahun ini. Nanti Kamis, (29/11) juga dua aplikasi oleh dinas dinas pariwisata dan satu lagi oleh biro umum. Semua dalam rangka peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat di daerah ini,” janji Assagaff.

Loading...

Setiap dinas Lanjut Assagaff, harus mempunyai inovasi baru agar mudah diakses oleh masyarakat. Kali ini giliran Disperindag Maluku yang mengeluarkan aplikasi penunjang pelayanannya. Khusunya soal ekspor impor komoditas.

Assagaff menilai ekspor Maluku punya kemajuan. Sejak Januari sampai Desemeber 2018 pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Maluku terkait ekspor tinggi. tahun ini tercatat nilai ekspor Maluku mencapai Rp 1,7 miliar. Naik 31 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan kehadrian aplikasi itu diharapkan pelayanan ke public dapat lebih baik serta mampu menggenjot nilai ekspor lokal. “Saya berharap sinegritas diantara pemangku kepentingan yang telah diwujudkan dengan aplikasi ini memberikan peningkatan terhadapa ekspor,” seru Assagaff.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano. Mengatakan Aplikasi ini dibuat untuk mempermuda pelayanan kepada masyarakat termasuk yanga ada di dunia usaha. “Jadi meski kita di luar daerah ada notifikasi atau pemberitahun data masuk, di situ kita buka untuk melihat data apa saja,” singkat Elvis. (Nair Fuad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *