Gubernur Maluku Dapat Titipan Desa Tertinggal Dari Menteri Keuangan RI

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dalam kunjungan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati tak hanya bicara soal peresmian dermaga. Pada kesempatan itu Menteri Keuangan memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada Gubernur Maluku Said Assagaff. Dia menitipkan kepada Said beberapa kabupaten yang masih memiliki desa tertinggal.

“Saya juga titip di pak gubernur beberapa kabupaten di Maluku ini yang punya desa tertinggal masih banyak, maka dana desanya untuk 2019 meningkat cukup signifikan,” kata Mulyani saat memberikan sambutan dalam peresmian Dermaga TNI AL Tawiri Kota Ambon, Rabu (9/1/2019).

Ia menyebutkan, Kabupaten MTB, salah satu daerah yang masih ada desa tertinggal. Dia mengakui jumlah desa di situ sudah alami penurunan dari tahun sebelumnya. Yakni dari 58 desadan sekarang sisa 31 desa tertinggal. Artinya ada sedikit perbaikan dari penyerapan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat langsung. Meski begitu gubernur sebagai pemimpin daerah tidak bisa lepas tangan dan wajib mengawal pengentasan desa tertinggal itu.

Loading...

Pemerintah memberi anggaran dana desa (ADD) yang sangat besar untuk pengembangan desa tersebut. Harapannya pemimpin daerah mampu mengelola dengan tepat demi kemajuan desa. “Anggarannya sangat besar. Dan tentu kita (pemerintah pusat) harapkan agar digunakan untuk meningkatkan apa yang disebut perekonomian di desa,” tegasnya lagi.

Sri Mulyani optimistis dengan progres tersebut. Dalam sambutannya dia beberapa kali memberi contoh Kabupaten MTB yang berhasil menggugurkan sebagian desa tertinggal. “Kalau saya lihat di MTB jumlah desa tertinggalnya dari 58 desa sudah menurun menjadi 31 desa. Jadi sudah terjadi perbaikan, sebab dana alokasi desanya semakin meningkat dari 66 milyar menjadi 82,7 milyar rupiah,” ujarnya.

Besar harapannya, desa itu segera bisa mengejar ketertinggalan dengan jumlah anggaran di desa yang kian meningkat itu. Rencananya esok, Kamis (10/1/2019) pagi, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati akan bertolak ke MTB untuk meninjau langsung desa-desa tertinggal serta penyerapan ADD di sana. Dia inginkan agar program pemerintah ini tidak disalahgunakan agar masyarakat betul-betul merasa dampaknya. (ALFIAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *