Gubernur Maluku Lantik Bupati dan Wakil Bupati Bursel

by
Gubernur Maluku Said Assagaff, melantik Bupati dan Wakil Bupati Bursel

AMBON-Pasangan Tagop Sudarsono  Soulisa dan Buce  Ayub Seleky  dilantik Gubernur Maluku Said Assagaff, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) periode 2016-2021. Pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati  hasil Pilkada Desember  2015  ini  berlangsung di  Aula Kantor Gubernur Maluku, Rabu (22/6).

Pelantikan  Tagop – Ayub  dilakukan bersamaan dengan  berakhirnya periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati  Bursel sebelumnya, yang juga dipimpin keduanya.

Sebelum dilantik gubernur, pelaksana tugas Karo Pemerintahan Setda Pemprov Maluku Jasmono membacakan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, tentang pemberhentian Tagop – Ayub.  Dalam waktu bersamaan, Jasmono juga membacakan SK pengangkatan Tagop – Ayub  sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bursel dari  Mendagri.

Tagop dilantik berdasarkan SK Mendagri dengan nomor 131.81-5374 Tahun 2016. Sedangkan Ayub dilantik dengan SK  Mendagri nomor 132.81-5375 Tahun 2016.  Setelah dilantik dan diambil sumpah, dihadapan gubernur  keduanya menandatangani fakta integritas.

Loading...

Dalam sambutannya, guberur menyatakan, setiap proses Pilkada harus ada akhirnya,  ada yang menang dan kalah. Yang menang harus merangkul yang kalah, dan yang kalah harus berjiwa besar dengan lapang dada menerima hasil Pilkada.

Gubernur  minta Bupati dan Wakil Bupati merangkul semua kekuatan masyarakat Busel, mengilangkan segala perbedaan yang  sempat renggang akibat perbedaan politik saat Pilkada lalu. Ia juga menyatakan, pelantikan ini menjadi titik akhir segala perbedaan yang terjadi selama proses Pilkada di daerah itu.

“Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati hari ini  harus menjadi titik akhir proses politik, tapi juga menjadi titik awal proses pemerintahan yang legitimit, pemerintahan yang konsolidatif yang mendapat dukungan dari rakyat,” katanya.

Gubernur minta Bupati dan Wakilnya dapat menjaga stabilitas keamanan di Bursel. Karena itu, ia minta keduanya  terus membangun koordinasi yang baik dengan aparat TNI/Polri  serta masyarakatnya.  Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bursel dihadiri para pejabat sipil dan  militer di Maluku, serta  pimpinan  dan anggota DPRD dan  ratusan masyarakat Bursel. ADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *