Gubernur Maluku Sampaikan Pesan Presiden Pada HUT Polri

by
Gubernur Maluku Said Assagaff melakukan pemeriksaan pasukan dari atas mobil jeef saat Upacara HUT Bhayangkara ke 71 di Lapangan Upacara Polda Maluku Senin (10/7). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Gubernur Maluku Said Assagaff menjadi inspektur upacara pada parade peringatan  HUT Bhayangkara ke 71 di Lapangan Upacara Tahapary Polda Maluku, Senin (10/7). Usai pemeriksaan pasukan dari atas mobil jeef, Gubernur membacakan amanat Presiden RI  Joko Widodo dalam upacara itu.

Presiden menyatakan, di hari jadi Polri ini, atas nama negara dan pemerintah, dirinya  sangat berterimakasih, sangat apresiasi atas kerja keras dan dedikasi serta pengabdian Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka  keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga hasilnya nyata. Presiden sangat mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Polri dan pengabdian seluruh personil kepolisian dalam menjaga keamanan negara.

“Atas nama negara dan pemerintah saya sangat berterima kasih kepada kepolisian negara pada pengabdian seluruh personil Polri dalam menjaga ketertiban masyarakat,”kata Presiden dalam amanat itu. Kepala negara  memberi contoh,  keberhasilan Polri yakni di Bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, dimana  situasi Khamtibmas sangat kondusif, masyarakat merasa aman, mudik lebaran lancar, kecelakaan lalu lintas turun drastis dan harga kebutuhan pokok stabil.

Presiden menyatakan, dalam usia ke 71 Polri telah menunjukan loyalitas dan integritas yang tinggi untuk mendukung terwujudnya pembangunan nasional dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. “Polri juga sukses dalam menangani pencegahan konflik, penanganan teroris, pencegahan demonstrasi, pemberantasan narkoba, menekan angka kejahatan konvensional premanisme, dan kejahatan jalanan,” kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut,  Presiden mengatakan, Polri juga berhasil mengamankan agenda politik, 101 Pilkada serentak tahun 2017, sehingga kegembiraan politik bisa terwujud di daerah-daerah yang melaksanakan Pilkada. “Dari hasil survei lembaga-lembaga kredibel, kepercayaan public semakin meningkat terhadap Polri, semakin meningkat dan dicintai oleh masyarakat,” ujarnya.

Kedepan, kata Presiden, dukungan seluruh elemen bangsa semakin diperlukan karena tantangan yang dihadapi Polri semakin berat. Menurutnya, Polri harus terus menjaga nilai-nilai Khebinekaan yang sudah menjadi kodrat bangsa Indonesia, Polri juga harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Mengakhiri sambutan, Presiden Jokowi memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Polri untuk meningkatkan kinerja melalui upaya-upaya diantaranya, memperbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif, mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Selanjutnya, mantapkan dan  optimalkan moderenisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik dan tingkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini, deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif, dengan begitu Polri dapat lincah bertindak dalam mengahadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.

Yang terakhir, Polri harus meningkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen baik pemerintah, masyarakat, serta kolega internasional untuk tetap menjaga situasi yang kondisif. “Saya selaku kepala negara tetap berkomitmen untuk mendukung Polisi yang kuat, handal dan profesional supaya tugas untuk mengayomi masyarakat lebih optimal,” tutupnya.

Hadir dalam upacara ini, Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara serta pejabat utama Polda dan udangan lainnya. Dalam upacara ini juga Gubernur dan Kapolda menyerahkan penghargaan kepada sejumlah anggota Polri di Maluku yang berjasa.  (IAN)