Gubernur Maluku Serahkan KIS dan Launching Informasi Kesehatan Gugus Pulau Berbasis Web

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 18.514 jiwa yang tersebar di 11 kabupaten / kota di Provinsi Maluku. KIS diserahkan secara simbolis pada acara peringatan 100 hari kerja di Gedung Islamic Center, Ambon, Senin (22/7/2019).

KIS ini merupakan salah satu program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di bidang kesehatan menuju Maluku Sehat dengan mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah (jamkesda) dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Visi pemerintah provinsi Maluku 2019-2024 yakni Maluku yang Terkelola Secara Jujur, Bersih dan Melayani, Terjamin Dalam Kesejahteraan dan Berdaulat atas gugus Kepulauan.

Dalam sambutannya, Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan bahwa visinya bersama wakil gubernur Barnabas Orno merupakan konsep dasar dalam implementasi program pemerintah di Maluku.

“Visi kami merupakan konsep dasar yang harus bisa diimplemantasikan sebagai wujud janji kami kepada masyarakat Maluku dalam upaya perbaikan pelayanan dasar yang nantinya akan memberikan harapan besar untuk meningkatkan kesejahteraan melalui penurunan kemiskinan, kebutuhan pangan terjangkau dan murah, pembukaan lapangan kerja, serta menciptakan SDM dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.” Jelasnya.

Selain penyerahan KIS, pemerintah provinsi maluku melalui dinas kesehatan juga me-launching informasi kesehatan gugus pulau berbasis web. Informasi yang ditampilkan adalah fasilitas kesehatan dasar, alamat, lokasi, wilayah kerja fasilitas kesehatan, kesediaan tenaga kesehatan, dan informasi kesehatan lainnya yang dapat diakses melalui web dinas kesehatan provinsi Maluku.

Ditempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita menyampaikan apresiasinya atas upaya pemda Maluku dalam menyehatkan Masyarakat Maluku yang bersinergi dengan program Pemerintah Pusat yaitu JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Serta atas inovasi informasi kesehatan gugus pulau berbasis web yang diusung oleh dinas kesehatan provinsi Maluku.

Afli juga berharap Maluku dapat segera menyandang gelar Universal Health Coverage dimana minimal kepesertaan JKN adalah 95% dari total jumlah penduduknya.

“Saya sangat mengapresiasi upaya pemda Maluku atas salah satu program prioritasnya menuju Maluku sehat, saya berharap kedepan 100% masyarakat Maluku memiliki jaminan kesehatan. Dengan masyarakat sehat, Maluku sehat, Indonesia sehat, bangsa ini akan kuat,” ungkap Afli. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *