Gubernur: Mari Jadikan Masjid Pusat Peradaban

by
Gubernur melakukan pengecoran pertama pondasi Masjid Baitul Maqdis di Kawasan Wara, Desa Batumerah, Ambon, Kamis (25/5). FOTO : HUMAS PEMROV MALUKU

TERASMALUKU.COM,AMBON-Gubernur Maluku Said Assagaff mengingatkan kaum Muslimin di daerah ini, untuk memakmurkan masjid dan menjadikannya sebagai pusat peradaban.  “Nada minor dalam irama, kita dendangkan. Lari marathon dipusatkan di Bulan Sya’ban, pengecoran pertama akan kita lakukan, mari katong jadikan masjid sebagai pusat peradaban,” kata Gubernur saat membawakan pantun untuk mengingatkan pentingnya masjid, sesaat sebelum dirinya melakukan pengecoran pertama pondasi Masjid Baitul Maqdis di Kawasan Wara, Desa Batumerah, Ambon, Kamis (25/5).

Menyinggung tentang pembangunan masjid, Assagaff katakan, ia tentu senang kalau dalam waktu dekat masjid ini cepat selesai. Tapi sebagai Gubernur Maluku dia menyarankan kepada panitia, agar pembangunannya harus sesuai dengan kemampuan dana.

Loading…

“Karena itu, harus dilihat, mana-mana saja yang paling prioritas dulu. Yang penting dalam satu tahun ke depan, warga di sini sudah bisa menggunakannya untuk sholat. Nanti baru pelan-pelan dikembangkan,” tandasnya.

Sebab jika membuat perencanaan, lalu menunggu sampai semua uang terkumpul baru dibangun, tentu akan sangat lama. “Ini pengalaman saya ketika meletakan batu pertama di mana-mana. Pemda bantu ratus miliar sekali pun tidak akan selesai-selesai. Jadi kita harus lihat kemampuan warga dan kemampuan pemerintah daerah,” imbaunya.

Untuk membantu panitia melihat apa saja yang menjadi prioritas awal pembangunan masjid ini, Gubernur Assagaff mengarah pihak panitia berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku. Gubernur juga berjanji memberikan bantuan secara pribadi untuk pembangunan masjid tersebut. (ADI)