Gubernur Minta Bupati dan Walikota Lakukan Pengalihan Lahan Sesuai Fungsi

by
Gubernur Maluku Said Assagaff menanam pohon damar di Kampus IAIN Ambon, saat Hari Menanam Pohon Pohon Indonesia, Selasa (28/11). FOTO : AIS

TERASMALUKU.COM,AMBON- Gubernur Maluku Said Assagaff memimta seluruh kepala daerah di Maluku dan jajarannya   yang mempunyai kepentingan melakukan pembukaan lahan agar jangan mengalihkan lahan tidak sesuai dengan fungsinya. Karena menurut Gubernur Assagaff, kebijakan yang salah dalam pengalihan lahan  dapat menyebabkan bencana alam terutama saat musim hujan.

“Saya meminta kepada seluruh Bupati dan Walikota di Maluku dan jajarannya untuk memperhatikan fungsi lahan dengan baik, jangan mengalihkan fungsi lahan kepada hal-hal yang bisa merusak alam,” kata Assagaff kepada wartawan usai melakukan penanaman pohon saat hari menanam pohon nasional di  Kampus Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Selasa (28/11).

Gubernur minta  seluruh masyarakat untuk sadar terhadap lingkungan  dan tetap menjaga alam dengan baik agar masyarakat tetap terlindung. “Mari kita semua sadar agar tetap menjaga lingkungan ini supaya tetap hijau, saya kira di IAIN ini sudah sangat bagus dengan banyak pohon yang ada disini, pohon tersebut juga bisa sebagai tempat menyanggah air,” kata Gubernur.

Ia mengungkapkan, saat ini sumberdaya air di Maluku sudah sangat berkurang sekali, hal ini karena penebangan pohon secara ilegal dan pembukaan lahan yang tidak sesuai dengan fungsinya. “Mari kita menanam dan menjaga pohon agar generasi selanjutnya kedepan tidak lagi kesusahan air seperti dulu,” katanya.

Gubernur menyatakan, saat  ini setiap orang punya tanggungjawab untuk terus menanam pohon di lingkungan sekitarnya. “Saya minta kepada masyarakat selama hidup untuk terus menanam pohon agar masyarakat Maluku tidak lagi kesusahan air,” kata Assagaff. (IAN)