Gubernur Minta Bupati MBD Jaga Blok Masela Untuk Sejahterakan Rakyat

by
Gubernur Maluku Murad Ismail melantik dan mengambil sumpah Benyamin Thomas Noach sebagai Bupati Maluku Barat Daya (MBD) periode 2016 - 2021 di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (29/5/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM-Gubernur Maluku Murad Ismail melantik dan mengambil sumpah Benyamin Thomas Noach sebagai Bupati Maluku Barat Daya (MBD) periode 2016 – 2021. Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Rabu (29/5/2019). Benyamin melanjutkan sisa masa bakti yang ditinggal Barnabas Orno setelah menjadi Wakil Gubernur Maluku berpasangan dengan Gubernur Murad periode 2019 – 2014.

Usai pelantikan, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam pidatonya  menitipkan tiga pesan khusus kepada Bupati Benyamin.”Sebagai kepala daerah tugas yang pertama adalah, bisa mengentaskan kemiskinan di daerahnya. Ke dua harus dapat mensejahterakan masyarakatnya dan yang terakhir seorang kepala daerah harus mampu menjaga dan mempertahankan sumber daya alamnya (Blok Masela) untuk dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang,” kata Murad Ismail.

Olehnya itu, sebagai daerah termiskin dari sebelas kabupaten kota di Maluku, Murad dalam pesan pertamanya menuntut Benyamin dapat mengambil langkah – langkah strategis sebagai upaya menekan angka kemiskinan dan dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Apalagi, Kabupaten MBD memiliki Blok Migas Abadi Masela. Pengelolaan sumber daya alam (SDA) di MBD menurut Gubernur harus dapat mensejahterakan masyarakat setempat.

“Maka dari itu saya minta saudara Bupati, segera mengambil langkah – langkah strategis dalam pengelolaan sumber daya alam, Blok Masela sehingga bisa mendatangkan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat MBD dan Maluku pada umumnya,” ujar mantan Kakor Brimob Polri ini.

Selain itu, menurut mantan Kapolda Maluku itu, penataan sistem birokrasi dengan mengedepankan pendekatan kompetensi sesuai ketentuan perundang undangan yang berlaku juga sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.

“Saya juga minta agar saudara mengendepankan Koordinasi, Komunikasi dan Kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada di daerah terutama DPRD sebagai mitra kerja, TNI/Polri serta para pengusaha swasta,” katanya.

Menanggapi pesan Gubernur Maluku, Benyamin Thomas Noach mengaku, siap menjalan permintaan tersebut. Pengembangan pada sektor pertanian bakal jadi fokus utamanya.”Saya masih memikirkan pengembangan untuk petani bagaimana petani bisa dapat uang. Juga bagaimana sopi bisa di Perdakan,” kata Benyamin.

Sementara itu, soal pengelolaan Blom Migas Masela, pihaknya bakal menggenjot Sumber Daya Manusia untuk eksplorasi.(ALFIAN)