Gubernur Minta Organisasi Pemuda Remaja Masjid Tidak Digiring ke Politik Praktis, Ilham Terpilih

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail meminta Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) tidak digiring masuk ke ranah politik praktis berafiliasi dengan partai politik, dan dijadikan sebagai jembatan politik maupun mengakomodir pengurusnya lebih dominan dari orang politikus.

“Tetapi harus dipertegas bahwa misi BKPRMI adalah dakwah dan intelektualitas bukan terjebak pada dinamika dan hegemoni kekuatan politik,”tegas Gubernur lewat sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Setda Maluku M. Ali Masuku saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) BKPRMI Provinsi Maluku ke VII Tahun 2020 di Ambon, Kamis (19/11/2020).

Ini merupakan satu dari sejumlah harapan yang disampaikan Gubernur Murad Ismail terhadap BKPRMI Provinsi Maluku. Lewat sambutan tertulisnya itu, Gubernur juga berharap BKPRMI Provinsi Maluku harus berintegritas dalam eksistensi gerakan dakwah sosial kemasyarakatan dan menjadi pemersatu umat.

Hal ini sesuai tujuan utama BKPRMI yaitu membina generasi muda Islam dan umat Islam pada umumnya dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan.

Eksistensi gerakan BKPRMI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan kultural kemasjidan sebagai upaya membina generasi muda Islam yang dipersiapkan untuk menjadi generasi yang tangguh terhadap tantangan zaman ke depan.

“Sebagai komunitas gerakan dakwah, yang utama harus dilakukan BKPRMI adalah pergumulan intelektual-religius dan menjadi pemersatu umat dalam setiap aktifitasnya. Dengan demikian, ke depan organisasi ini telah siap mentransformasikan gerakan intelektualnya sebagai investasi sosial kemasyarakatan, politik, ideologi serta kebudayaan,”ujarnya.

Kultur yang dibangun dengan memaksimalkan potensi seluruh kader untuk menjadikan masjid sebagai benteng pertemuan dengan membangun karakter pendidikan dikalangan remaja Islam hingga memandu ekonomi umat melalui gerakan BMT (baitul mall wattamwil).

Loading...

“Selaku pimpinan daerah, saya ucapkan selamat atas Muswil ini. BKPRMI dengan paradigma kritis ideologisnya, harus berupaya menegakkan harkat dan martabat manusia, dengan pendekatan intelektual terhadap Iman, termasuk mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,”pesannya.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) BKPRMI Pusat, Ahmad Rizqon berharap Muswil dapat berjalan dengan baik sehingga bisa menghasilkan pimimpin yang memiliki loyalitas dan integritas sesuai tujuan organisasi.

Apalagu Maluku dikenal dengan laboratorium kerukunan umat beragama, sehingga dengan kehadiran BKPRMI harus menjadi bagian pelopor terciptanya kerukunan umat beragama dengan memberikan warna positif terhadap perkembangan kemajuan Maluku ke depan.

Ketua Panitia Muswil BKPRMI Ismail Borut mengatakan, Muswil kali ini melibatkan semua DPD 11 Kabupaten/Kota yang bertujuan mencari calon pimpinan yang benar-benar memiliki latar tentang keagamaan, serta menyadari penuh peran dari BKPRMI.

Sebagai organisasi kaders kepemudaan Islam yang lebih fokus kepada dakwah dan remaja masjid Indonesia, maka harus memiliki wawasan keindonesiaan yang utuh dan kokoh serta senantiasa memakmurkan masjid sebagai pusat ibadah dan perjuangan untuk mencerahkan kehidupan manusia.

“Muswil dengan tema “Konsilidasi Pemuda remaja mesjid menuju organisasi yang kreatif komunikatif dan kemitraan untuk dan keindonesiaan” diharapkan bisa lahirkan pimpinan wilayah yang punya loyalitas dalam memimpin BKPRMI ke depan,” tandasnya.

Terkini, Ilham Sipahutar akhirnya terpilih sebagai Ketua DPW BKPRMI Provinsi Maluku periode empat tahun kedepan. Ilham adalah mantan Ketua DPD KNPI Kota Ambon dan juga kader Golkar Maluku. Ia juga CEO media online Saboromedia.com. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *