Gubernur Minta Wantimpres Perjuangkan DAU Maluku Dihitung Dari Laut

by
Gubernur Maluku bertukar cendera mata dengan Ketua Wantimpres Sri Adiningsih usai pertemuan di ruang kerja gubernur, Selasa ( 11/4). FOTO : HUMAS PEMPROV

AMBON – Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang diketuai Sri Adiningsih berkunjung ke Maluku, untuk melihat perkembangan 11 program prioritas nasional di daerah ini. Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff meminta Wantimpres ikut  memperjuangkan Dana Alokasi Umum (DAU) Provinsi Maluku dihitung dari laut, seperti dijanjikan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Ambon Februari lalu.

“Kami tentu ingin, 11 program prioritas nasional di Maluku yang ada, bisa sukses dan berhasil,” ujar Adiningsih, usai bersama tim Wantimpres menemui Gubernur Maluku  di Ambon, Rabu (11/4). Adiningsih   menyatakan, pihaknya  ingin melihat perkembangan pembangunan pedesaan, daerah tertinggal dan pariwisata di Maluku.

Loading…

Menurut Adiningsih, pemerintah sendiri komitmennya membangun dari pinggiran, daerah perbatasan pulau-pulau kecil dan daerah-daerah tertinggal. “Dalam 2 tahun ini Maluku menjadi salah satu daerah prioritas, untuk mengurangi ketimpangan dan kemiskinan. Ini yang membuat Maluku menjadi salah satu prioritas. Apalagi daerah ini termasuk daerah yang kemiskinannya tinggi dan ketertinggalan cukup besar di Indonesia,” tuturnya.

Adiningsih berharap, tim Wantimpres mendapat banyak masukan dari Gubernur Maluku, dan juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Termasuk Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury yang hadir dalam pertemuan tersebut. “Khususnya memang anggaran yang ada itu, nampaknya dianggap belum bisa memenuhi kebutuhan Maluku, karena daerah yang sangat luas lautnya. Padahal memang perhubungan ataupun konektivitas laut mahal sekali di Indonesia,”katanya.

Adiningsih mengakui, kenyataan yang ada menunjukkan, perhubungan ataupun konektivitas laut sangat mahal sekali di Indonesia. “Tadi Pak Gubernur sudah menyampaikan komitmen Presiden Joko Widodo, yang akan meningkatkan Dana Alokasi Umum (DAU) Maluku dengan mempertimbangkan wilayah lautnya, Tentu saja ini juga akan kami sampaikan ke Presiden,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, gubernur menyampaikan terima kasih kepada Ketua Wantimpres dan tim, yang bisa hadir di Maluku, dan bisa melihat sejauh mana perkembangan desa-desa, terkait dengan desa-desa miskin, juga desa-desa yang sudah mulai maju, yang sudah Swasembada dan juga terkait dengan pariwisata.

“Kami minta bantuan  Ibu Adiningsih selalu Ketua Wantimpres, untuk perjuangkan DAU untuk Maluku  dihitung dari laut.  DAU dihitung dari laut tersebut sudah   dijanjikan Pak  Presiden saat berkunjung ke Ambon Februari lalu  dan disetujui Ketua DPR  Setya Novanto untuk mulai dengan 50 persen,” katanya. (IAN)