Gubernur Tantang Bupati Bursel Raih WTP

by

AMBON-Gubernur Maluku Said Assagaff menantang  Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulisa  dan Wakil Bupati, Buce Ayub Seleky, agar laporan keuangan pemerintah daerah  mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Gubernur menyatakan, tahun ini Pemerintah Provinsi Maluku, bersama Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara dan Kabupaten   Buru meraih opini WTP dari BPK.

Ia minta tahun-tahun mendatang semua  daerah di Maluku harus mendapat opini WTP dari BKP termasuk juga Bursel. Opini ini menunjukan penggunaan keuangan daerah bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai aturan, tidak menyalahi aturan.

“Karena itu saya juga menantang Bupati dan Wakil Bupati agar tahun-tahun depan, Kabupaten Buru Selatan mendapat opini WTP dari BPK atas laporan keuangan daerah,” kata Gubernur saat sambutan  pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bursel di Kantor Gubernur Rabu (22/6).

Saat ini, Pemkab Bursel hanya mendapat opini dibawa WTP atas laporan keuangan  daerah.  Gubernur juga berharap tiga tahun kedepan, Pemprov Maluku dapat  meraih predikat  ISO atas laporan keuangan daerah. ISO merupakan predikat tertinggi diatas WTP.

Jika itu tercapai  maka menjadi kebanggan masyarakat Maluku karena laporan keuangan pemerintah daerah benar-benar bersih, tidak terjadi penyimpangan sesuai standar internasional.

loading...

Gubernur menyatakan, untuk mencapai opini WTP, dalam berbagai kesempatan ia selalu mengingatkan jajaran biroklarasi baik Pemprov Maluku maupun kabupaten dan kota agar  selalu menjadi birokasi yang responsif, akuntabel,  jujur bekerja sesuai aturan.

Karena dengan begitu, setiap  pengunaan keuangan daerah bisa dipertanggungjawabkan sehingga dapat mencapai WTP.  Untuk itu  gubernut  minta Bupati dan Wakil Bupati Bursel agar benar-benar menggerahkan seluruh  potensi sumber daya aparatur pemerintahan, masyarakat dan  sumberdaya alam untuk percepatan akselerasi perkembangan pembangunan di Bursel.

Gubernur juga minta agar Bupati dan Wakil Bupati agar mengendepankan program – progam pembangunan  yang berdampak langsung kepada kesejahteraan rakyat di Bursel.  “Saya juga minta Bupati dan Wakil Bupati untuk terus mengawasi    penggunaan  dana-dana  desa agar berdampak bagi masyarakat di desa,” katanya. ADI

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *