Gubernur Tantang Unpatti Hasilkan Lulusan Berkualitas

by
Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J. Sapteno (dua dari kiri), Direktur Sumber Daya, Ditjen Dikti, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed, Sekda Maluku Kasrul Selang menekan tombol untuk peresmian Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura Ambon, Kamis (12/3/2020). FOTO : HUMASMALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan untuk mewujudkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas di daerah, maka penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) harus dilaksanakan secara profesional.  Gubernur menantang civitas akademika Unpatti untuk menghasilkan lulusan berkualitas sehingga bisa diterima pasar kerja.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang pada peresmian Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura Ambon, Kamis (12/3/2020).  Peresmian Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini dihadiri Direktur Sumber Daya, Ditjen Dikti, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku serta seluruh civitas akademika.

Dalam kesempatan itu, gubernur menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI atau yang mewakili di Provinsi Maluku. “Kehadiran bapak disini tentunya dapat melihat secara langsung geliat pembangunan pendidikan dan kebudayaan di Provinsi Maluku,” terang gubernur.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Rektor dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti dan civitas akademika, yang telah mewujudkan penambahan Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti. Menurutnya, peresmian gedung baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, tentunya akan menjadi momentum strategis bagi civitas akademika untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Maluku.

Loading...

Pendidikan, kata gubernur, telah menjadi kebutuhan utama dan terkait erat dengan kehidupan manusia. Untuk itu, pembangunan bidang pendidikan harus menjadi prioritas pembangunan nasional dan daerah, sebab pendidikan menjadi pondasi dan kunci bagi tersedianya sumberdaya manusia yang berkualitas. “Kita semua tentunya menyadari bahwa peningkatan mutu pendidikan untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan prasyarat utama untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” paparnya.

Upaya menciptakan SDM berkualitas, lanjut gubernur, terus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa, termasuk lembaga perguruan tinggi, yang terus memainkan perannya dalam membentuk SDM melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini semua, tentunya sangat diharapkan akan membawa dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas SDM serta tumbuhnya kreatifitas dan inovasi masyarakat, serta daya saing dalam persaingan global.

Gubernur mengatakan, sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi di Maluku, tentunya seluruh civitas akademika Unpatti tertantang untuk melakukan perbaikan, pembinaan serta pembenahan sistem pendidikan tinggi, yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif.

Salah satu faktor penting sebagai penunjang aktivitas pendidikan tinggi tersebut adalah tersedianya gedung perkuliahan dan rektorat yang representatif dan memadai. Sehingga memungkinkan terselenggaranya aktivitas pendidikan tinggi dengan baik untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan.

Pemerintah Provinsi Maluku, sebut gubernur, terus berkomitmen untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan serta mengentaskan kemiskinan masyarakat. “Peluang ini harus kita manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Maluku,” tuturnya (alfian/humasmaluku)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *