Gustu Bakal Alihkan Penanganan Pasien Covid-19 ke RSUP Leimena

by
Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP dr. J. Leimena, Ambon

TERASMALUKU.COM,AMBON, – RSUD Dr. Haulussy memang tutup selama 14 hari untuk sterilisasi. Hanya ada dua poliklinik yang tetap buka melayani pasien. Sementara perawatan pasien covid-19 tengah dalam pengalihan ke RSUP. dr. J. Leimena, Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon.

Dua poliklinik yang tetap buka melayani pasiennya yaitu poli hemodialisasi untuk melayani pasien cuci darah dan NICU (neonatal intensive care unit) untuk bayi yang baru lahir dan butuh perawatan khusus.

FOTO: Dok. Terasmaluku.com

“Semua poli (tutup) kecuali dua poli yang buka itu hemodialisa dan NICU. Ini untuk sterilisasi yang lain katong belum terima pasien,” tutur Kasul Selang, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Selasa (12/5/2020).

Pasien yang memang perlu pelayanan di dua poliklinik ini tetap dibolehkan dengan pengamanan yang telah dipikirkan agar tidak bercampur dengan yang lain.

Sementara itu dalam keterngan persnya, gustu telah mendapat persetujuan untuk mengalihkan pelayanan pasien covid-19 ke RSUP dr. J. Leimena Ambon. Rumah sakit baru yang belum sepenuhnya aktif itu dinilai punya kapasitas ruang dan tampung yang besar.

Loading...

Gustu mengaku telah menyampaikan hal ini kepada warga rumah tiga dan disetuji. “Katong sekali lagi ucapakan terimakasih buat warga rumah tiga yang izinkan untuk itu,” ungkap Kasrul.

Mereka memperkirakan RSUP bakal beroperasi tampung pasien segera mungkin. Yang mana ada 200 kamar siap pakai dari total 250 kamar. Bagian instalasi gawat darurat (IGD) pun aktif tangani pasien-pasien gawat darurat yang datang. Bagian ini menjadi hal penting dalam penanganan pasien.

Sejak rampung dan diresmikan pada 16 Pktober 2019, RSUP jadi satu-satunya rumah sakit milik pemerintah yang punya fasilitas layanan IGD. Ini berbeda dengan rumahs akit rujukan RSUD Dr. Haulussy yang punya fasilitas UGD. Pada prinsipnya pelayanan yang diberikan sama. Hanya IGD punya kapasitas lebih besar, dokter yang melayani pasien pun tidak hanya dokter umum, tapi punya banyak dokter spesialis. Termasuk tindakan penanganan medis kritis dengan tingkat kesiagaan yang tinggi.

BACA JUGA : 3 Keunggulan Layanan RSUD dr J. Leimena Ambon

Saat peresmian tahun lalu, mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, dr. Nila Moeloek, Sp. M (K) menyebutkan ada tiga keunggulan RSUP. Yakni layanan hiperbarik, jantung dan kanker terpadu. “Pasien positif dengan gejala akan dipindahkan ke sana (RSUP, red),” lanjut Kasrul.

Untuk sementara para pasien baru terkonfirmasi covid-19 tengah ditempatkan di beberapa lokasi. Yaitu di alai diklat LPMP, RSDU Dr. Haulussy dan Rumah Sakit Tingkat II Prof. dr. J. A. Latumeten. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *