H-2 Distribusi Logistik Baru Di Dua Kecamatan Di Kota Ambon

by
Distribusi kotak suara dan surat suara hari pertama di kota Ambon baru di dua kecamatan, Buguala dan sebagian di Sirimau (16/4). FOTO: Priska Birahy

 

TERASMALUKU.COM  –  Hari ini (15/4) logistik berupa kota suara dan surat suara mulai didistribusikan di kota Ambon. Sejak pagi petugas KPU Kota Ambon serta petugas sortir mulai mengemas sejumlah kotak suara untuk diangkut dengan truk ke lokasi.

Penyaluran logistik H-2 ini difokuskan pada dua kecamatan di dalam kota. Yakni di Kecamatan Baguala dan sebagian lagi di Kecamatan Sirimau. Sedangkan distribusi surat suara pada tiga kecamatan lain belum lengkap.

Ketua KPU Kota Ambon M. Sadek Faud menyatakan itu siang tadi (15/4). “Hari ini distribusi logistik ke dua kecamatan di Kota Ambon. Ada keterlambatan sebab jumlah surat suaranya kurang,” jelas Sadek.

Proses pengamatan kotak suara di dalam bungkus plastik sebelum diangkut ke sejumlah TPS di kota Ambon

Di gudang sortir dan pelipatan di Sport Hall Karang Panjang Ambon, Sadek menerangkan tiga dari lima kecamatan di Kota Ambon alami kekurangan surat suara akibat rusak. Yakni pada surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI dan DPD Kota. Masing-masing sekitar 500 surat suara.

Untuk itu pada distribusi logistik hari ini baru ada 2 kecamatan yang dilayani KPU. Sementara kotak suara yang harus didistribusikan sebanyak 4.655 kotak di 931 TPS di Kota Ambon.

Kotak suara Kecamatan Baguala siap angkut dari gudang logistik di Sport Hall Karang Panjang Ambon

Untuk wilayah kecamaan Sirimau, pihaknya mendahulukan beberapa desa dan wilayah dengan jumlah TPS yang banyak. “ Katong ke beberapa desa di Kecamatan Sirimau. Besok baru lanjut tiga kecamatan lain,” imbuh mantan Komisioner KPU Kota Ambon Divisi Hukum itu.

KPU menjadwalkan distribusi kekurangan surat suara akan dilakukan esok hari (16/4) atau H-1 pemilu serta memastikan siap coblos oleh 225.249 DPT Kota Ambon. Hal itu dilakukan menyusul pengiriman kekurangan suarat suara yang baru tiba di Ambon sekitar pukul 14.00 tadi. Petugas sortir dan pelipatan pun bekerja ekstra untuk mengejar kekurangan serta distribusi di kota.  (PRISKA BIRAHY)

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *