Hampir Sebulan Terpapar Covid, Begini Kondisi Wagub Maluku

by
Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno. FOTO: WIKIPEDIA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sudah hampir sebulan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno terpapar Covid-19.

Wagub Orno dinyatakan terpapar Covid meskipun tanpa gejala atau OTG) sejak 7 Januari lalu pasca seorang anaknya lebih dulu diketahui terpapar virus ini. Wagub tidak sendiri, istrinya juga Beatrix Orno juga terpapar Covid-19.

Loading…

Wagub Orno dan istri serta jalani isolasi mandiri di kediaman Wagub Maluku yang berada di kawasan Karang Panjang Ambon sejak dinyatakan terpapar Covid.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. FOTO : TERASMALUKU.COM

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menjelaskan, sampai Kamis (4/2/2021) ini, kondisi Wagub Maluku baik-baik saja meskipun masih terpapar Covid-19.

“Terakhir saya kontak dokter yang merawat (Wagub), dokter dari RSUP (dr. Johanes Leimena Ambon), kondisi beliau (Wagub) baik-baik saja, tidak ada masalah, beliau dirawat di rumah saja, isolasi mandiri, baik-baik saja,”tuturnya menjawab terasmaluku.com, Kamis sore via seluler.

Untuk membuktikan apakah sudah sembuh atau belum mengingat kondisi Wagub baik-baik saja tanpa gejala, Rerung menambahkan perlu dibuktikan dengan pemeriksaan swab sesuai standar yang diterapkan di Maluku.

“Yang kita lihat itu tentang Covid, meskipun dalam perawatan yang kita lihat itu CT (Cycle Threshold Value atau nilai CT) kekebalan tubuh tinggi berarti tidak menular lagi. Jika CT-nya tinggi 35 atau 40 itu menandakan yang bersangkutan tidak menularkan apa-apalagi karena kekebalan tubuh sangat baik. Ada juga teori yang mengatakan virusnya hanya partikel bukan lagi virus hidup, itu sebabnya WHO mengeluarkan rilis, kalau sudah dirawat dan sembuh dalam siatuasi tanpa gelaja, sebenarnya tidak perlu lagi diperiksa untuk membuktikan kalau sudah sembuh atau tidak. Tapi standar kita di Ambon tetap memeriksa (untuk pastikan) benar-benar negatif ,”tandasnya. (Ruzady)