Hanya Satu Warga Binaan Rutan Ambon Yang Masuk DPT

by
TPS 28 Waiheru Kecamatan Baguala di Rutan Kelas IIA Ambon hanya miliki 1 DPT (17/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM – Pemilihan umum serempak ini memunculkan jejak antusias bagi warga Indonesia. Tak hanya di luar, warga binaan rutan kelas IIA Ambon pun ikut memilih. Sayangnya, dari 253 warga, hanya ada 1 DPT (daftar pemilih tetap).

Mereka dilayani oleh satu TPS saja yakni TPS 28 Waiheru Kecamatan Baguala. Di ruang serbaguna para petugas di TPS serta warga binaan lain ramai. Mereka sejak tadi mengantri untuk bisa memberikan hak suara. Namun sebagian besar dari mereka harus gigit jari sebab hanya ada satu orang saja yang masuk DPT.

“Dari sekian banyak yang kita ajukan ke KPU hanya satu saja yang DPT,” beber Kepala Rutan Irhamuddin kepada wartwan saat ditemui di rutan (17/4). Saat wartawan mendatangi TPS, di ruangan hanya ada para petugas dan saksi yang tengah membuka surat suara tambahan. Sementara warga binaan lain berdiri di luar.

Irham mengatakan jika setiap bulan dia selalu memberikan kabar terkini kepada pihak KPU agar warga binaan dapat memberikan hak suara. Sayangnya hingga dekat hari H, KPU hanya meloloskan 1 DPT dari rutan. “Di sini masa tahanannya singkat. Ada yang sudah keluar kita update lagi, begitu terus. DPT hanya 1 DAN DPTb 12,” jelasnya lagi.

Salah satu alasan hanya ada satu DPT di rutan yakni soal periode keluar-masuk warga binaan yang amat singkat. Karena itu jumlah yang diajukan ke KPU untuk mendapat DPT terus berubah.

Selain DPT, ada juga pemilih DPTb atau daftar pemilih tambahan sebanyak 12 orang. Ajul seoarang warga mengatakan dirinya rampung memberikan hak suara dan masuk dalam DPTB. “Beta su coblos. Masuk DPTb,” katanya.

Jadi total warga binaan yang memberikan hak suaranya sebanyak 13 orang. Hal tersebut menimbulkan protes. Dari Ajul diketahui kawan-kawannya sesama warga binaan sempat ngamuk dan protes lantaran sebagian besar tiak bisa memilih. Namun situasi itu lekas diredam. Salah satu kendala yakni mereka ada yang tidak membawa formulir A5 ke TPS. (PRISKA BIRAHY)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *