Hanya Tiga Paskibraka, Upacara HUT ke 75 RI di Lapangan Merdeka Ambon Penuh Khidmat

by
Tiga anggota Paskibraka sukses mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT KE 75 RI di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/8/2020). Pelaksanaan upacara menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi civid-19. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Di tengah pandemi covid-19, upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia (RI) digelar di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Senin (17/8/2020). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Maluku Murad Ismail dan naskah detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury.

Doa dibacakan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Maluku, Djamaludin Bugis.  Sementara itu komandan upacara adalah Letkol Inf David Surisno Sirait, Komandan Batatlyon (Danyon) 733 Raiders.

Gubernur Maluku Murad Ismail menjadi inspektur upacara HUT ke 75 RI di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/8/2020). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

Upacara dimulai pukul 10.00 WIT dan berjalan lancar dan penuh khidmat. Namun tidak seperti upacara HUT RI biasanya, pelaksanaan upacara HUT ke 75 RI di masa pandemi covid-19 menerapkan prokol kesehatan. Jumlah peseta upacara, undangan dan Paskibraka diminimalis.

Peserta upacara hanya sekitar seratus orang terdiri dari aparat TNI/Polri dan unsur Aparatur Sipil Negara. Barisan pun berjarak. Begitu juga dengan undangan yang hadir tidak sampai seratus orang, dengan duduk berjarak dan semuanya menggunakan masker.

Loading...

Pada upacara HUT ke 75 RI ini, hanya ada tiga anggota Paskibraka tanpa pasukan pengawal TNI dan Polri. Tiga anggota Paskibraka ini sukses mengibarkan Bendera Merah Putih. Mereka adalah Siti Nurbaihati Marasabessy, alumni siswi MAN Ambon, pembawa Bendera Merah Putih, dan dua rekannya Petrus Anderias de Kock, alumni siswa SMA Negeri 4 Ambon dan Evangelio Eugene Margery Siahaya, siswa Kelas XII  SMK Negeri 6 Ambon.

Ketiganya adalah purna Paskibraka atau perna bertugas sebagai Paskibraka pada HUT ke 74 RI Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Ambon. Karena Covid-19, tidak ada seleksi Paskibraka. Paskibraka diambil dari pasukan 17 Paskibraka 2019. Pada upacara HUT ke  75 RI, pembawa Bendera Merah Putih membawa langsung dari luar lapangan untuk dikibarkan. Tidak seperti biasa pembawa baki mengambil bendera dari inspektur upacara.

Selain itu, pada upacara HUT RI kali ini tidak dilibatkan paduan suara seperti biasanya. Lagu Indonesia Raya yang mengiringi pengibaran Bendera Merah Putih diputar lewat rekaman suara di Lapangan Merdeka. Tidak ada aubade seperti biasanya.

Sebagai gantinya anggota Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku menyanyikan sejumlah lagu yakni, Dari Sabang Sampai Merauke dan Maju Tak Gentar.

Upacara HUT ke 75 RI dihadiri unsur Forkopimda Maluku yakni, Pangdam 16 Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan sejumlah pejabat lainnya.

Ratusan warga Kota Ambon juga antusias menyaksikan upacara HUT ke 75 RI. Pada upacara HUT ke 75 RI ini, Gubernur menyerahkan Surat Keputusan Menkumham kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku terkait pemberiaan resmisi 17 Agustus kepada napi di Maluku. (SADI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *