Harapan Selalu Ada, 6 Pasien Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

by
Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku, Murad Ismail saat memberikan keterangan pers 6 pasien sembuh corona di Maluku, Jumat (17/4/2020). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Secera resmi Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku, Murad Ismail mengumumkan kabar baik 6 pasien dinyatakan sembuh total dari Covid-19 atau virus corona.

Murad Ismail menyampaikannya pada tatap muka pertamanya sejak dia ditetapkan sebagai Ketua Gugus menggantikan Kasrul Selang. Total saat ini pasien sembuh asal Maluku ada 5 orang. “Alhamdulillah, sampai saat ini ada 6 sembuh. Dan malahan oma (pasien 02) yang lebih dulu sembuh,” ungkap Gubernur Maluku itu di teras depan Kantor Gubernur Maluku kepada sejumlah wartawan yang telah menunggu Jumat (17/4/2020) malam.

BACA JUGA : Maluku Tambah 3 Pasien Positif Dari 3 Kota Kabupaten

BACA JUGA : Kabar Baik, Pasien 02 yang Berusia 74 Tahun Sembuh

 

Keenam pasien itu termasuk 1 pasein asal Bekasi yang lebih dulu sembuh. Sedangkan 5 orang berikut merupakan warga Maluku dinyatakan bersih dari Covid-19. Secara rinci Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. Mikyal Pontoh menjelaskan lebih detil keenam pasien itu. “Pasien yang sembuh ini pasien 02, 07, 09, 010, 011. Mereka sembuh total,” terang Meikyal usai keterangan pers oleh ketua gugus, Murad Ismail.

Loading...

Pasien 02 merupakan pasien lansia berusia 74 tahun. Dia menjadi satu-satunya pasien tertua saat ini yang sembuh. Ini menjadi satu harapan baik. menurut Meikyal pihaknya sempat pesimistik terhadap kondisi kesehatannya. Namun kenyataan berkata lain. Nenek satu ini malah lebih dulu pulih dan bebas virus, bahkan sebelum 2 minggu dia dirawat. Meikyal juga pemerintah pun mengaku bahagia dengan hasil tersebut.

BACA JUGA : Maluku Tambah 9 Orang Positif, Jadi 12 Kasus Terkonfirmasi Covid-19

 

Sedangkan pasien 07 merupakan asal Maluku yang sebelumnya melakukan perjalanan dari Manado. Pasien 07 menjalani perawatan di ruang isolasi RS. AL. F.X. Suhardjo, Rumah Sakit AL  Halong Ambon. Pasien 09 berasal dari Saparua. Dia merupakan hasil lacak dari pasien 03.

Pasien 010 merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Seram Bagian Barat serta pasien 011 merupakan satu dari dua anggota kepolisian di SPN Passo, Kecamatan Baguala Kota Ambon. Mereka menjalani perawatan di RS Bhayangkara Polri, Tantui

Kondisi para pasien sembuh ini menurut Meikyal sejak awal memang tidak ada yang parah. Mereka lebih banyak masuk isolasi dengan tanpa gejala. Kalaupun ada hanya satu dua gejala. Itupun dalam skala yang kecil. Seperti batuk, sesak napas atau flu ringan.

“Pasien statusnya baik. Yang jelas adinya tidak ada gejala,” lanjut kadinkes dua periode itu. Selama jalani perawatan kondisi mereka dipastikan berangsur stabil. Tidak ada symptom menonjol atau yang melemahkan tubuh para pasien.

Karena itu imun tubuh mereka yang membaik menjadi senjata ampuh melawan virus. Akhirnya dari hasil tes dan uji laboratorium mereka dinyatakan bersih total dari virus corona di tubuh. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *