Harga Bawang Merah di Kota Ambon Naik Lagi

by
Harga bawang merah dan tomat di pasar Mardika Kota Ambon. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Harga bawang merah yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, memasuki hari kelima Maret 2021 naik dan bervariasi.

Di pasar tradisional Mardika, Batu Merah mapun Lama, Jumat (5/3/2021), para pedagang menawarkan harga bawang merah bervariasiyakni Rp38.000 hingga Rp40.000/Kg, atau naik dari sebelumnya Rp36.000/Kg.

Sedangkan,  bawang putih tetap bertahan Rp30.000/Kg, dan eceran  masih normal yakni Rp5.000/kantung plastik kecil.

“Sudah dua hari ini  harga bawang merah naik di tingkat pedagang tidak merata. Knaikan juga di tingkat agen pemasok. Apalagi buah bawang yang terlihat segar-segar pedagang mempertahankan harga Rp40.000/Kg,” ujar pedagang di pasar Mardika, Rahmat.

Ia mengatakan para pembeli bebas memilih bawang yang diinginkan, stok juga cukup banyak.

Ibu Erna, yang ditemui seusai membeli satu kilogram bawang merah, mengakui harga bawang yang diterapkan para pedagang di pasar masih dalam tingkat kewajaran. Kalau pun terjadi perbedaan harga Rp38.000 hingga Rp40.000/Kg hal itu terjadi karena kondisi buah bawang saja, ada yang baru maupun lama.

Sedangkan untuk harga cabai merah biasa yang ditawarkan para pedagang hingga kini masih bertahan dan bervariasi yakni Rp75.000 hingga Rp90.000/Kg, sedangkan cabai keriting panjang Rp50.000/Kg.

Munir, perdagang cabai di pasar Mardika, mengatakan situasi ini masih terus bertahan, sebab stok sekarang ini cukup banyak di pasar, disamping pemasokan dari sentra produksi juga lancar.

“Terserah para pembeli mau membeli dalam ukuran kiloan atau eceran, sebab kebanyakan para kaum ibu lebih memilih untuk membeli eceran yakni Rp8.000/cupa (ukuran satu kaleng susu kental manis), dan Rp3.000/tumpuk kecil,” ujarnya.

Pewarta : Shariva Alaidrus/Antara
Editor : Alex Sariwating