Harga Cabai Merah di Ambon Naik, 75 Ribu Perkilo

by

AMBON-Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon mengalami kenaikan setelah tahun baru. Kenaikan diantaranya  terjadi akibat pasokan cabai dari luar Ambon mengalami keterlambatan. Pantauan Terasmaluku.com, Rabu (4/1) di Pasar Mardika Ambon misalnya, harga cabai merah  naik  menjadi Rp 75.000 perkilogram  dari harga sebelumnya Rp 60.000 perkilogram.  Kenaikan juga terjadi pada cabai keriting dari Rp 30.000 perkilogram menjadi Rp 40.000 perkilogram.

Pedagang Cabai di Pasar Mardika Ida ( 34 ) menuturkan, kenaikan harga terjadi sejak 1 Januari lalu. Tidak hanya di Pasar Induk Mardika, di Pasar Batu Merah serta Pasar Gotong Royong juga mengalami kenaikan. “Cabai naik sejak 1 Januari dari Rp 60.000 kilogram  menjadi Rp75.000 perkilogram, baik di Pasar Mardika, Gotong Royong dan Batu Merah,” tutur Ida.

Menurutnya, kenaikan harga cabai di Kota Ambon secara merata disebabkan cabai lokal yang dibeli dari petani di kawasan Desa Taeno Kecamatan Teluk Ambon harga yang relatif tinggi. Sedangkan pasokan cabai dari produsen di Surabaya maupun Makassar mengalami keterlambatan, sehingga memicu  kenaikan harga. “Kita beli dari petani lokal dengan harga tinggi, karena stok dari luar daerah terlambat, “ujarnya.

Pedagang cabai mengeluhkan kenaikan harga ini karena dagangan mereka sepi pembeli.   Agar dagangan tetap laku dan tidak mengalami kerugian, Ida harus menjual eceran seharga Rp 5.000 perkantong. “Kita jual eceran 5.000 perkantong, karena murah lebih dijangkau pembeli, “katanya.  (REY)