Hari Ini, Walikota Terima Trophy Adipura Dari Presiden

by
Sekot Ambon AG Latuheru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kota Ambon kembali memperoleh penghargaan sebagai salah satu kota bersih di Indonesia dengan meraih Trophy Adipura. Penghargaan Trophy Adipura tersebut akan diserahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan diterima langsung Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rabu (2/8) ini.

“Tahun ini kita kembali merahi penghargaan Trophy Adipura, sebagai salah satu kota bersih di Indonesia. Penghargaan Trophy Adipura akan diserahkan Presiden  dan diterima langsung walikota,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Ambon Antonius Gustav Latuheru dalam keterangan pers di Balai Kota Ambon, Selasa (1/8).

Sekot  mengatakan, Walikota Ambon menerima penghargaan Trophy Adipura didampingi sejumlah SKPD yang memiliki andil pada gerakan kebersihan di Kota Ambon. Yakni, Dinas Lingkungan Hidup, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pekerjaan Umum serta  Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon. Sekot mengatakan, Trophy Adipura akan tiba di Kota Ambon pada Kamis (3/8) siang  yang  dibawa lansung Walikota.

Kemudian Trophy tersebut akan diarak-arakan dari bandara mengelilingi Kota Ambon. “Kita akan pawai dengan Trophy Adipura dengan rute  dari bandara, Tawiri, Wayame, Rumahku Tiga, Hunut, Waiheru, Nania, Passo, Galala, Batumerah, Batumeja, Batu Gajah, dan finisnya  di Air Salobar,” kata Sekot.

Menurutnya, jika   Kota Ambon masih diberikan penghargaan Adipura dari pemerintah pusat, tentunya Ambon masih dinilai sebagai salah satu kota bersih di Indonesia. “Dalam penilaian ada lima kategori yang dipakai yakni kota harus bersih, kota harus penuh pohon pelindung, pengelolaan sampah harus baik, partisipasi masyarakat, dan kota yang punya administrasi pengelolaan sampah,” ujarnya.

Sekot berharap dengan penerimaan penghargaan ini masyarakat terus meningkatkan kebersihan lingkungan di Kota Ambon agar lebih baik lagi. Dengan penghargaan ini, maka Kota Ambon sudah enam kali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kota bersih di Indonesia yang diberikan pemerintah pusat. (IAN)