Hari Menanam Pohon, Kementerian LHK Akan Tanam 300 Pohon di IAIN Ambon

by
Lokasi penanaman 300 pohon di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mulai dibersihkan, Rabu (22/11). FOTO : AMA (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, akan menanam 300 pohon di kawasan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, pada Selasa (28/11).  Kementerian LHK juga akan membagikan 2.000 bibit tanaman kepada masyarakat di Maluku.

“Selain menanam pohon, kami akan membagikan bibit tanaman dan buah-buahan untuk ditanam kepada masyarakat,” kata Perhutanan Sosial, Muhammad Arif Nur di Kampus IAIN Ambon, Rabu (22/11).

Ia mengungkapkan, pembagian bibit melibatkan pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah di Provinsi Maluku. Bibit tersebut dibagikan secara gratis untuk ditanami. “Kami akan memberikan bibit secara gratis, yakni  mahoni, linggua, gandaria, mangga, rambutan kepada seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Arif mengungkapkan, pada 28 November nanti, Kementerian LHK menghadirkan pos bibit tanaman, dan masyarakat bisa langsung mengambilnya di kawasan IAIN, atau mendatangi Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Kebun Cengkeh.

Ia menuturkan, program tersebut  prioritas Kementerian LHK untuk  mendukung pengelolaan lingkungan yang mensejahterakan masyarakat, sekaligus menjaga tutupan lahan. “Program ini  untuk menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan dan memberikan peningkatan ekonomi,” kata Arif.

Menurutnya, KLKH memilih IAIN Ambon sebagai lokasi penanaman untuk menjaga dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan di kawasan tersebut. “Lokasi ini (IAIN) kaya akan sumber air sehingga harus dijaga dengan menanam pohon,” ujarnya.

Presiden Mahasiswa IAIN Ambon, Muhammad Amin Key, mengatakan pihaknya akan menyukseskan penanaman pohon di Kampus IAIN. Menurut dia,  kegiatan tersebut memberikan dampak positif terhadap lingkungan. “Penanaman ini menjaga kelesterian lingkungan dan mencegah banjir ataupun longsor,” ujar Amin.

Pihak Kementerian LHK, IAIN Ambon bersama warga mulai mempersiapkan lahan untuk penanaman 300 pohon tersebut. Gubernur Maluku Said Assagaff dijadwalkan memimpin langsung penanaman  pohon di IAIN Ambon pada puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Selasa (28/11) dan Desember sebagai bulan Menanam Nasional berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. (AMA)