Hari Terakhir Tes CAT CPNS, Kota Ambon Hanya 30 Yang Lulus

by
Kepala BKD Kota Ambon Benny Selanno bersama peserta tes CPNS di SMP Negeri Ambon, Jumat (9/11/2018). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON  – Hari terkahir tes CAT CPNS 2018 lingkup Kota Ambon hanya 30 orang yang lulus dari 2.259 peserta tes CPNS. Mereka itu yang nantinya akan memenuhi 18-19 posisi yang dibuka pada tiga kategori. Yakni tenaga kesehatan, pendidik dan teknis.

Menurut Benny Selanno, Kepala BKD Ambon, kalau ada jumlah kelulusan melebihi jumlah formasi berarti akan ada pengurangan. Jadi 30 orang lulus ini bukan berarti untuk 30 posisi. Mereka ini akan tes lagi untuk menentukan satu yang masuk di posisi tersebut. “30 orang itu belum tentu diangkat jadi PNS,” kata Benny.

Loading…

Di hari terakhir tes tingkat kota hanya 3 yang lulus dari 459 peserta yang tes di SMP Negeri 6 Ambon. “Saya kira bukan Ambon saja, banyak kota daerah lain yang sama. Sebab rata-rata tingkat kelulusan nasional itu hanya 2 persen,” ungkap Benny.

Hingga pagi tadi (9/11), lanjut Benny, peserta yang lulus adalah mereka yang memilih formasi tenaga kesehatan dalam hal ini dokter 3 orang, tenaga kesehatan masyarakat 1 orang dan guru baru 4 orang. “yang paling banyak dari yang lulus ini, yang daftar untuk tenaga teknis. Padahal yang kota minta itu di tenaga kesehatan dan guru. Mereka hanya hitung dengan jari,”katanya.

Sedangkan untuk provinsi yang lulus hanya 28 orang. Kata Benny pemerintah akan gerak cepat ke pusat untuk cari solusi. Sebab ada banyak formasi kosong. Sampai hari ini kata Benny pemerintah Maluku yang gerak lebih dulu. Jadi bukan cuma maluku yang rendah, daerah lain juga. “Nasional cuma 2 persen,” (PRISKA BIRAHY)